Jurnal IPTEK-KOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi)
Vol 20, No 1 (2018): Jurnal IPTEK-KOM (JURNAL ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI)

Aplikasi Diagnosa Sementara Penyakit Anak Bawah Lima Tahun (Balita) Kawasan Pesisir Kota Bengkulu Menggunakan Metode Certainty Factor (Transient Diagnosis App to Detect Diseases in Children Under Five Years of Age in Bengkulu Coastal Area Using Certainty Factor Method)

Kurnia Anggriani (Unknown)
Desi Andreswari (Universitas Bengkulu)
Sonia Rosalin Sihite (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2018

Abstract

Pada saat usia anak di bawah lima tahun (balita), anak sangat sensitif terhadap risiko bahaya dari lingkungan. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan anak balita belum terbentuk secara sempurna, yang mengakibatkan lebih mudah terjangkit berbagai macam penyakit.  Penyakit-penyakit tersebut akan menimbulkan dampak yang serius bahkan dapat mengakibatkan kematian apabila tidak segera ditangani. Salah satu alasan anak balita yang sakit tidak segera ditangani adalah ketidaktahuan orang tua terhadap penyakit yang dialami anak balita mereka dan cara penanganannya. Permasalahan lain adalah fasilitas kesehatan yang tidak memadai, jauh untuk dijangkau, pelayanan yang tidak buka 24 jam, jumlah antrean pasien yang banyak, kurangnya tenaga kesehatan dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi yang dapat membantu orang tua untuk melakukan diagnosa sementara guna mengetahui penyakit yang dialami anak balita mereka. Penelitian ini menggunakan metode faktor kepastian (certainty factor). Pengujian keakuratan pada aplikasi ini memiliki keakuratan 95%, yang berarti aplikasi telah mampu melakukan proses diagnosa sementara menggunakan metode certainty factor.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IPTEKKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal IPTEK-KOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi merupakan jurnal penelitian dalam bidang komunikasi dan teknologi informasi yang diterbitkan oleh Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI) Yogyakarta. BPPKI Yogyakarta adalah Unit Pelayan Teknis di bawah ...