JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan)
Vol 5, No 1: (April 2016)

PERANCANGAN GAME “RUNTHINK” SEBAGAI ALAT PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG

ardhi, ovide decroly wisnu (Unknown)
Pratisto, Eko Harry (Unknown)
Bahtiar, Firma Sahrul (Unknown)
Munandar, Noris Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2016

Abstract

Aritmatika merupakan cabang matematika yang mempelajari operasi dasar bilangan. Kemampuan dasar aritmatika diperlukan sebagai dasar perhitungan yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi dengan bentuk game sebagai upaya dalam meningkatkan kecepatan penghitungan menggunakan operator matematika dalam bentuk hiburan. Penelitian ini menekankan pada operasi aritmatika penjumlahan dan pengurangan dalam bentuk game dengan judul “RunThink”. Metode Software Development Life Cycle (SDLC) diterapkan dalam pengembangan aplikasi dengan tahapan pengembangan konsep dan storyboard, perancangan desain, dan pengujian (Jogiyanto, 2006).Game “RunThink” memiliki jenis endless game. Subyek pengujian aplikasi didapat sebanyak 16 pengguna dimana semuanya berpendapat game “RunThink” membantu mempercepat perhitungan aritmatika.Kata kunci: aritmatika, game, hiburan, penjumlahan, pengurangan

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JTET

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan) adalah jurnal ilmiah yang terbit tiga kali dalam setahun yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini sebagai wadah penyebarluasan ilmu dan teknologi terapan di bidang Teknik Elektro yang merupakan hasil dari penelitian dan kajian teknologi terapan ...