Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori Bruner. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua responden dengan kategori tinggi memiliki kecenderungan profil berpikir yang baik dalam memecahkan masalah bangun ruang limas. Lebih dari itu, kedua subjek mampu mendeskripsikan bangun limas, menyebutkan lima ciri-ciri limas, menyebutkan tiga unsur limas dan mampu menghitung luas permukaan limas serta mampu menggunakan rumus rumus dalam limas. Selain itu, kedua responden dengan kategori sedang menunjukkan bahwa mereka memiliki kecenderungan berpikir yang cukup dalam memecahkan masalah bangun ruang limas. Keduanya mampu mendeskripsikan bangun ruang limas, menyebutkan empat ciri-ciri limas, dua unsur limas, dan mampu menghitung luas permukaan limas meskipun hasil akhir belum benar serta mampu menggunakan rumus untuk menghitung. Sementara itu, kedua responden dengan kategori rendah menunjukkan bahwa mereka memiliki kecenderungan berpikir yang kurang dalam memecahkan masalah bangun ruang limas. Keduanya hanya mampu mendeskripsikan bangun ruang limas, tetapi mampu menyebutkan dua ciri-ciri limas, satu unsur limas, dan tidak mampu menghitung luas permukaan limas serta tidak mampu menggunakan rumus untuk menghitung.
Copyrights © 2015