Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan

PENDIDIKAN KANAK-KANAK DAN PENDIDIKAN KELUARGA; STUDI KRITIS PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA

Mukodi Mukodi (STKIP PGRI Pacitan)
Suparmi Suparmi (Mahasiswa S3 Program Ilmu Pendidikan UNY)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2011

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research) artinya data penelitian berasal dari sumber-sumber kepustakaan berupa buku-buku, makalah, jurnal, majalah dan sumber lain yang koheren dengan obyek bahasan. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yakni berusaha menggambarkan secara jelas dan sistematis obyek kajian, lalu menganalisis bahasan penelitian. Data yang terkumpul atau tersusun dianalisis, kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Setidaknya, ada empat temuan penelitian, yaitu: 1) pendidikan di Taman Siswa menerapkan prinsip kemerdekaan dan kebebasan; 2) pendidikan anak yang diterapkan adalah gabungan dan pengembangan dari teori Frobel dan Montessori; 3) Ki Hadjar Dewantara memberi kebebasan kepada anak dengan berbagai permainan untuk mengembangkan secara psikologi, pedagogi dan biologi dengan tidak melupakan alam kodratnya masing-masing; 4) penerapan pendidikan yang terintegrasi antara ketiga alam, yaitu alam keluarga, alam pendidikan, dan alam pemuda akan mewujudkan manusia Indonesia yang utuh.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian ...