Manusia sebagai makhluk individual sekaligus makhluk sosial, dalam hidupnya pasti mengalami interaksi sosial. Individu yang berinteraksi dalam waktu yang cukup panjang ada kecenderungan melakukan peniruan/imitasi perilaku secara timbal balik. Tujuan penelitian ini anatara lain: 1) untuk mengetahui sejauh mana perilaku imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan pada kegiatan pembelajaran, 2) untuk mengetahui model imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 Program Studi PGSD STKIP PGRI Pacitan tahun akademik 2016/2017. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposif sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perilaku imitasi yang dilakukan mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan dalam kegiatan pembelajaran terbagi menjadi tiga, yaitu Copying dengan persentse 50,68%, Matched-dependent bahavior sebesar 35,62% melakukan, dan behavioral dengan persentase 13,70%; 2) Model imitasi mahasiswa PGSD STKIP PGRI Pacitan meliputi lima jenis yaitu; imitasi langsung, imitasi tidak langsung, imitasi gabungan, imitasi terbatas, dan imitasi tidak terbatas.
Copyrights © 2017