Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan

STRATEGI KEBAHASAAN PADA REKLAME OUT DOOR (Jalan Pacitan-Yogyakarta)

Agoes Hendriyanto (STKIP PGRI Pacitan)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2017

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk (1) strategi pemilihan kata atau diksi, dan (2) strategi pemilihan gaya bahasa. Penelitian dekriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis dengan meneliti strategi diksi dan gaya bahasa iklan. Hasil kajian ini menemukan sebagai berikut; kata benda sebesar 34%, kata asing 34%, kata kerja 12%, kata keterangan 8%, kata depan 3%, kata sifat 3%, dan kata sambung 6%. Selain itu, penggunaan gaya bahasa hiperbola, metafora, personifikasi repetisi, klimaks, paralelisme, alegori menjadi pilihan utama dalam iklan di jalan Pacitan-Yogyakarta. Strategi penggunaan gaya bahasa dalam iklan out door jalan Pacitan-Yogyakarta sebagai berikut: elipsis 14,2%, alegori 34,3 %, personifikasi 20%, paralelisme 5,7%, hiperbola 8,6%, klimaks 8,6 %, dan repetisi 8,6%. Penggunaan gaya bahasa alegori dengan gambar, logo menjadi pilihan terbesar pembuat iklan out door.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian ...