Artikel ini bertujuan untuk (1) strategi pemilihan kata atau diksi, dan (2) strategi pemilihan gaya bahasa. Penelitian dekriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana kritis dengan meneliti strategi diksi dan gaya bahasa iklan. Hasil kajian ini menemukan sebagai berikut; kata benda sebesar 34%, kata asing 34%, kata kerja 12%, kata keterangan 8%, kata depan 3%, kata sifat 3%, dan kata sambung 6%. Selain itu, penggunaan gaya bahasa hiperbola, metafora, personifikasi repetisi, klimaks, paralelisme, alegori menjadi pilihan utama dalam iklan di jalan Pacitan-Yogyakarta. Strategi penggunaan gaya bahasa dalam iklan out door jalan Pacitan-Yogyakarta sebagai berikut: elipsis 14,2%, alegori 34,3 %, personifikasi 20%, paralelisme 5,7%, hiperbola 8,6%, klimaks 8,6 %, dan repetisi 8,6%. Penggunaan gaya bahasa alegori dengan gambar, logo menjadi pilihan terbesar pembuat iklan out door.
Copyrights © 2017