Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan mahasiswa prodi pendidikan matematika dalam menyelesaikan soal pengantar probabilitas. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST dengan ukuran populasi adalah 135 mahasiswa sedangkan ukuran sampel penelitian sebanyak 33 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan dalam menyelesaikan soal Pengantar Probabilitas. Instrumen penelitian ini adalah tes yang berbentuk essay sejumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UST melakukan rata-rata kesalahan konsep sebesar 33,94% dengan kategori rendah, rata-rata kesalahan prosedur sebesar 39,39% dengan kategori rendah, dan rata-rata kesalahan komputasi sebesar 68,79% dalam kategori tinggi. Sedangkan kesalahan yang paling dominan adalah kesalahan komputasi. Terkait hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran agar mahasiswa lebih teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal-soal matematika sehingga kesalahan dapat diminimalkan.
Copyrights © 2017