Channel : Jurnal Komunikasi
Vol 5, No 2 (2017)

MAKNA DESTINASI WISATA DI DUA ‘DUNIA’: Studi atas Gambaran Dunia Maya dan Fakta Empirik Destinasi Wisata

Sulhan, Muhamad ( Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

AbstrakTulisan ini berupaya mendeskripsikan dan mengelaborasi perbedaan makna yang munculatas gambaran destinasi wisata dalam dua bentuk. Di satu sisi adalah gambaran dunia maya di duasitus destinasi wisata, di sisi lain adalah gambaran fakta sesungguhnya setelah seseorang datangke sebuah tempat destinasi. Penelitian sebagai dasar tulisan ini menggabungkan analisis atas duahal. Pertama, mengambil dan menganalisis isi dua situs resmi dari dua destinasi wisata di Indonesiayang populer dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif atas gambar dan kalimat. Kedua,melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap informan yang datang dan menyaksikansebuah tempat destinasi wisata setelah mendapatkan informasi di laman digital. Analisis atasgabungan dua data tadi berupaya memperlihatkan keunikan, kesenjangan, dan perbedaan antaragambaran dunia maya atas destinasi wisata, dengan opini dan persepsi pengunjung wisata yangtelah melihat secara nyata destinasi tersebut. Pemanfaatan media digital telah membuat gambaransebuah destinasi dengan keunikan tersendiri. Terdapat gambaran yang ‘hiperbolik’ atas sebuahtempat destinasi. Gambaran yang ternyata menuai kritik, kekecewaan, dan ketidakpuasan setelahseorang pengunjung wisata datang dan menyaksikan sendiri tempat destinasi yang digambarkandalam dunia maya (blog, situs, fesbuk, twitter, dan lain-lain).Keyword: destinasi wisata, digital communication, hiperrealitas, cyberworld.

Copyrights © 2017