Pendidikan Kewarganegaraan
Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR EVALUASI PENGAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN RANAH AFEKTIF MAHASISWA PRODI PPKn IKIP-PGRI PONTIANAK

Rohani, Rohani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar evaluasi pengajaran PPKn dan mengetahui kemampuan afektif mahasiswa Prodi PPKn IKIP PGRI Pontianak setelah mengikuti perkuliahan dengan bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development Approach (R & D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap pendiseminasian (disseminate). Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi PPKn yang mengambil mata kuliah evaluasi pengajaran PPKn pada semester ganjil tahun akademik 2015/2016 yang terdiri dari satu kelas. Data yang dianalisis melalui perpaduan deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bahan ajar evaluasi pengajaran PPKn yang tergolong valid baik dari segi kecermatan isi, ketercernaan, penggunaan bahasa, maupun perwajahan, dengan beberapa komentar dari dosen validator, (2) penggunaan bahan ajar evaluasi pengajaran PPKn dapat meningkatkan ranah afektif mahasiswa sebesar  22,03%.

Copyrights © 2017