Aktivitas komunikasi profesi Public Relations memiliki peran yang penting dalamsektor public dan swasta. Fokus penelitian ini menggambarkan dan menganalisis realitassosial yang terjadi pada profesi public relations pada dunia perbankan dalam aktivitascorporate social responsibility. Program CSR mengacu pada konsep pembangunan yangberkelanjutan (Sustainability development), mengedepankan pertumbuhan masyarakat miskindalam mengelola lingkungannya dan kemampuan institusi dalam pembangunan, serta strategimengintegrasikan dimensi ekonomi, ekologi, dan sosial yang menghargai kemajemukanekologi dan sosial budaya tiga stakeholders inti diharapkan mendukung penuh, di antaranyaadalah; perusahaan, pemerintah dan masyarakat.Penelitian ini bertujuan mengetahui komunikasi public relations dalam implementasicorporate social responsibility PT. Bank Mandiri (Persoro) Tbk Wilayah X Makassar, danmenggambarkan peran Corporate Social Responsibility terhadap peningatan IndeksPembangunan Manusia di Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisispendekatan kualitatif, dengan melakukan obeservasi, wawancara, serta FGD kepada praktisipublic relations dan Corporate social Responsibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwaPublic Relations mengeksplorasi peran komunikasi dalam implementasi program CorporateSocial Responsibility (CSR) pada pemetaan stakeholders dan Scanning lingkungan,perencanaan penentuan program CSR, sosialisasi dan komunikasi dan evaluasi usaha yangdisesuaikan budaya perusahaan “Trust, Integrity, Professionalism, Customer Focus,Excellence (TIPCE)” 2. Program Corporate Social Responsibility berbasis ProgramKesejateraaan dan Bina Lingkungan berdapak positif terhadap peningkatan IndeksPembangunan Manusia berdasarkan pertambahan nasabah serta pertambahan peminat/pesertadari Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Bersama Mandiri.
Copyrights © 2017