cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. gowa,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Al-Khitabah
ISSN : 23545763X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Al-Khitabah diterbitkan oleh Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar.
Arjuna Subject : -
Articles 38 Documents
Penerapan Komunikasi Antarpribadi dalam Pelayanan Calon Jamaah Haji di Kementerian Agama Kota Kendari Laode Muhammad Umar
Jurnal Al-Khitabah Vol 4 No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan komunikasi antarpribadi dalam pelayanan calon jamaah haji di Kementerian Agama Kota Kendari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana penerapan komunikasi antarpribadi dalam pelayanan calon jamaah haji di Kementerian Agama Kota Kendari dan Hambatan Apa yang dihadapi petugas pelayanan calon jamaah haji dalam memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji di Kementerian Agama Kota Kendari.Jenis penelitianini ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskriktif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan komunikasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala seksi penyelenggaraan haji dan umrah, petugas pelayanan haji, dan calon jamaah haji. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapenerapan komunikasi antarpribadi dalam melayani calon jamaah haji mengacu pada komunikasi timbal balik (diadik) dengan teknik penyampaian pesannya secara informatif, persuasif, dan pendampingan secara personal (face to face) serta menggunakan komunikasi secara dialogis. Adapun faktor penghambat adalah beragam pendidikan calon jamaah haji, umur calon jamaah haji yang rata-rata di atas 40 tahun, serta lamanya daftar tunggu jamaah haji.Implikasi penelitian ini diharapkan kepada petugas pelayanan haji sedapat mungkin mengerti dan memahami keinginan dari calon jamaah haji dalam menyampaikan informasi atau pesan agar penyampaian informasi dan materi bias berjalan efektif. Oleh karena itu, calon jamaah haji diharapkan berperan aktif demi kelancaran pelaksanaan haji
EKSPLORASI NILAI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK DALAM PENINGKATAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA Abdul Majid
Jurnal Al-Khitabah Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aktivitas komunikasi profesi Public Relations memiliki peran yang penting dalamsektor public dan swasta. Fokus penelitian ini menggambarkan dan menganalisis realitassosial yang terjadi pada profesi public relations pada dunia perbankan dalam aktivitascorporate social responsibility. Program CSR mengacu pada konsep pembangunan yangberkelanjutan (Sustainability development), mengedepankan pertumbuhan masyarakat miskindalam mengelola lingkungannya dan kemampuan institusi dalam pembangunan, serta strategimengintegrasikan dimensi ekonomi, ekologi, dan sosial yang menghargai kemajemukanekologi dan sosial budaya tiga stakeholders inti diharapkan mendukung penuh, di antaranyaadalah; perusahaan, pemerintah dan masyarakat.Penelitian ini bertujuan mengetahui komunikasi public relations dalam implementasicorporate social responsibility PT. Bank Mandiri (Persoro) Tbk Wilayah X Makassar, danmenggambarkan peran Corporate Social Responsibility terhadap peningatan IndeksPembangunan Manusia di Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisispendekatan kualitatif, dengan melakukan obeservasi, wawancara, serta FGD kepada praktisipublic relations dan Corporate social Responsibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwaPublic Relations mengeksplorasi peran komunikasi dalam implementasi program CorporateSocial Responsibility (CSR) pada pemetaan stakeholders dan Scanning lingkungan,perencanaan penentuan program CSR, sosialisasi dan komunikasi dan evaluasi usaha yangdisesuaikan budaya perusahaan “Trust, Integrity, Professionalism, Customer Focus,Excellence (TIPCE)” 2. Program Corporate Social Responsibility berbasis ProgramKesejateraaan dan Bina Lingkungan berdapak positif terhadap peningkatan IndeksPembangunan Manusia berdasarkan pertambahan nasabah serta pertambahan peminat/pesertadari Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Bersama Mandiri.
PESAN DAKWAH PADA IKLAN KOSMETIK WARDAH “SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA” Kamaluddin Tajibu; Syafriana Syafriana
Jurnal Al-Khitabah Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Pesan Dakwah dalam Iklan Kosmetik Wardah (Sebuah KajianSemiotika). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi penanda dan petandadalam iklan kosmetik wardah versi “Kisah di Balik Cantik” (2) mengetahui makna pesandakwah yang ditampilkan dalam iklan kosmetik wardah versi “Kisah di Balik Cantik”berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuidan memahami iklan sebagai media dakwah Islam.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif yang berguna untukmengungkapkan dan memaparkan situasi atau wacana mengenai iklan Wardah kosmetik padamedia televisi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumentasi. Analisis datamenggunakan metode analisis semiotika dengan dasar pemikiran Roland Barthes, sehinggadiperoleh makna yang mendalam tentang iklan kosmetik Wardah tersebut.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Petanda dan penanda dalam iklan wardahversi “Kisah di Balik Cantik” ditemukan berupa simbol-simbol yang bisa dimaknai sebagaibrand image (citra produk) kosmetik muslimah. Di antaranya, pemakaian model wanita yangberpenampilan menggunakan pakaian berhijab. (2) Makna pesan dakwah yang terkandungpada iklan kosmetik Wardah versi “Kisah di Balik Cantik” antara lain adalah makna nonverbalartifaktual (penampilan) yakni dari hijab atau penutup kepala yang dikenakan olehmodel dalam iklan menunjukkan identitas seorang wanita muslimah, makna non-verbal facial(wajah) melalui ekspresi wajah yakni senyuman, dan makna non-verbal paralinguistik(pengucapan) bertutur kata yang sopan.Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Dapat memberikan kontribusi bagi pengiklan,iklan wardah versi “Kisah di Balik Cantik” dapat dijadikan sebagai referensi untuk iklan-iklanlain yang ingin mempromosikan produknya terutama produk kecantikan.(2) diharapkanmampu meningkatkan kesadaran akan media pada masyarakat yaitu dengan menumbuhkansikap kritis dan selektif dalam menghadapai berbagai serbuan iklan yang tidak bisa ditolaksehingga tidak terjadi salah peresepsi dalam menelaah isi media.
PENGARUH DAN EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI POLITIK DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK Haidir Fitra Siagian
Jurnal Al-Khitabah Vol 2 No 1 (2015): Jurnal Al Kitabah
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saluran komunikasi merupakan salah satu bagian yang amat penting dalam konteks komunikasi politik. Dalam komunikasi massa terdapat media sosial yang dapat dijadikan sebagai penghubung antara komunikator politik dengan khalayak. Sebagai saluran komunikasi politik, media sosial memiliki kekuatan memberikan pengaruh dan menentukan perilaku politik, karena media sosial dapat berperan dalam membentuk opini publik. Pengelolaan opini publik yang baik, memiliki peran dalam memenangi satu pertarungan untuk memperoleh pengaruh dari kalangan masyarakat. Bagi kekuatan politik yang akan ikut bertarung dalam pemilihan umum, seperti dalam pemilihan presiden, kepala daerah dan anggota legislatif, penting untuk memanfaatkan media sosial secara efesien dan efektif untuk menyampaikan pesan-pesan politiknya. Melalui media sosial, substansi pesan-pesan politik lebih cepat dan mudah dicerna oleh khalayak, sebab setiap saat khalayak dapat mengakses informasi tanpa halangan dan batas geografis. Media sosial juga sangat efektif digunakan sebagai media komunikasi khususnya dalam memberikan informasi dan menerima umpan balik dari khalayak. Umpan balik dari khalayak dapat mendekatkan dan merapatkan hubungan antara komunikator politik dengan masyarakat. Terlebih lagi dewasa ini, penggunaan media sosial di kalangan masyarakat semakin populer dan berkembang, hingga ke pelosok pedesaaan. Sehingga dengan kemasan informasi yang baik, khalayak akan mudah memahami pesan-pesan politik yang disampaikan oleh komunikator politik. Pada akhirnya, melalui penyampaian pesan-pesan politik yang tepat dan dilakukan secara efektif akan mampu menarik simpati masyarakat sehingga mereka akan menerima maksud yang diinginkan oleh komunikator politik.
Pengaruh Penggunaan Bahasa Daerah terhadap Minat Dengar Radio Muliaty Amin; Nurul Hikmah Kadir
Jurnal Al-Khitabah Vol 4 No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Judul penelitian adalah pengaruh penggunaan bahasa daerah terhadap minat dengar radio Gamasi 105,9 FM, permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah sejauh mana minat dengar masyarakat terhadap Radio Gamasi dengan melihat penggunaan bahasa daerah pada program berbahasa daerah Laugi dan Baruga.Berdasarkan hasil olah data dilapangan bahwa pengaruh penggunaan bahasa daerah terhadap minat dengar Radio Gamasi 105.9 FM. secara signifikan berpengaruh pada program berbahasa daerah laugi dan baruga.Implikasi teoretis dari penelitian ini mampu memberikan pemahaman tentang penggunaan bahasa daerah dalam melakukan siaran radio, memberikan gambaran tentang menarik simpati pendengar, serta menjadi acuan dalam penentuan segmentasi dan materi siaran dalam sebuah program radio. Selain itu, implikasi praktis hasil penelitian ini sebagai bahan informasi bagi pembaca sebaga referensi penelitian yang berkaitan, sebagai ragam penelitian dalam ilmu dakwah dan komunikasi, sebagai referensi bagi yang ingin mendirikan stasiun radio, dan sebagai bentuk pelestarian ragam budaya yang dimiliki suatu daerah
MODEL PENGELOLAAN TBM BUDAYA PADA KOMUNITAS MASYARAKAT KEAMMATOAAN DI WILAYAH “ILALANG EMBAYYA” DESA TANATOA KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA Ahmad Rustan
Jurnal Al-Khitabah Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul model pengelolaan TBM budaya pada komunitas masyarakatkeammatoaan di wilayah “Ilalang Embayya” Desa Tanatoa Kecamatan Kajang KabupatenBulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk melahirkan Model TBM Budaya” danTerbentuknya TBM budaya kreatif pada masyarakat komunitas adat Tertingal sertaTerciptanya Gerakan Indonesi Membaca (GIM) pada masyarakat adat suku Kajang.Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (Penelitian danPengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedomanwawancara, serta dokumentasi. Sementara analisis data yang digunakan adalah data yangsudah terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskrpitif kualitatif dankuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) proses Pengelolaan TBM Budaya Pasang,efektif untuk diterapkan pada warga masyarakat yang bermukim di kawasan ilalang embayya.Hal itu disebabkan karena model TBM ini sangat relevan dengan upaya untukmemberdayakan masyarakat (think globally act lokally). Di samping itu dalampengelolaannya menggunakan prinsip-prinsip kepemimpinan Ammatowa dalam memimpinwarganya. (2) Motivasi warga ilalang embayya dalam penyelenggaraan program TBM tinggi,hal itu ditunjukkan dari keterlibatan warga dalam menyiapkan sarana dan prasarana TBM.Motivasi ini juga disebabkan oleh prinsip kegotong-royongan yang tetap terpelihara dalamkehidupan masyarakatImplikasi dari penelitian ini adalah: model TBM berbasis budaya pasang pada ujicobakonseptual terbukti efektif, terlaksana/dapat dilaksanakan dengan baik karena sesuai budaya,situasi dan kondisi serta kebutuhan masyarakat dan sudah menarik meskipun masih perludiujicoba lebih luas melalui ujicoba operasional.
PERAN MEDIA MASSA DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA Abdul Khalik
Jurnal Al-Khitabah Vol 2 No 1 (2015): Jurnal Al Kitabah
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan dan pengalaman itu lambat laun bertambah banyak dan kompleks. Tidak hanya diperoleh dari hubungan dengan keluarganya, tetapi juga melalui teman-teman sebayanya, dari kelompok atau organisasi masyarakat lainnya, dan dari media massa. Manusia berkomunikasi dengan sesamanya selalu dipengaruhi atau berada dalam konteks budaya yang kompleks. Manusia belajar berpikir, merasa, mempercayai dan mengusahakan apa yang patut menurut budayanya. Bahasa, persahabatan, kebiasaan makan, paraktek komunikasi, tindakan-tindakan sosial, kegiatan-kegiatan ekonomi dan politik, dan teknologi, semuanya berdasarkan pola-pola budaya. Apa yang orang-orang lakukan, bagaimana mereka bertindak, bagaimana hidup dan berkomunikasi, merupakan respon-respon terhadap dan fungsi-fungsi dari budaya mereka.
Metode Dakwah Muballigh dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Pajak Muhammad Sultan
Jurnal Al-Khitabah Vol 4 No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang Metode Dakwah Muballigh dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat tentang Pentingnya Membayar Pajak. Permasalahan pokok yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan dakwah yang dilakukan oleh Muballigh, Bagaimana Metode yang dilakukan Muballigh dalam mempengaruhi kesadaran masyarakat untuk membayar pajak. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ialah untuk mengetahui bentuk kegiatan Muballigh serta untuk mengetahui metode yang digunakan Muballigh dalam mempengaruhi kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.   Berdasarkan teknik pengambilan sample secara purpusif, ditetapkan 6 orang responden dari tokoh masyarakat, tokoh agama, anggota majelis taklim dan petugas Dinas Pendapatan daerah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data, yakni observasi, kuiseoner, wawancara, dan dokumentasi literature. Kajian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan dengan teknik analisis kualitatif.Temuan lapangan menunjukkan bahwa dari 6 responden atau 99% informan yang dijadikan sample dalam penelitian, menyatakan bentuk kegiatan dakwah muballigh dalam meningkatkan kesadaran untuk membayar pajak adalah dengan melakukan penyuluhan di Majelis Taklim dan salah satunya majelis taklimnya adalah Nurul Jihad, sedangkan Metode Dakwah Muballigh dalam meningkatkan kesadaran masayarakat untuk membayar pajak adalah dengan menggunakan Metode al mujadalah
Analisis Semiotika pada Iklan di Televisi (Iklan Wardah dan Iklan Total Almeera) Asni Djamereng
Jurnal Al-Khitabah Vol 4 No 1 (2018)
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang stereotifikasi perempuan yang terdapat dalam iklan di televisi dengan tujuan untuk mengidentifikasi bentuk stereotifikasi perempuan dalam iklan. Penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai pesan-pesan dakwah yang dominan dalam iklan di televisi.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma kritik untuk mengungkap kepentingan ideologi kapitalis yang terdapat dalam iklan di televisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan analisis dokumen. Sedangkan, teknik analisis data adalah analisis semiotika Judith Williamson.Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk stereotifikasi perempuan yang terdapat dalam iklan berupa adegan yang memposisikan perempuan sebagai kaum subordinat yang termarjinalkan dengan penggambaran fisik dan perilaku yang menyimpang. Stereotifikasi perempuan dapat dilihat dari berbagai adegan yang menampilkan perempuan dengan sikap kasar terhadap ayahnya. Adapun pesan dakwah yang terdapat pada Iklan tersebut, yaitu anjuran untuk selalu menggunakan produk halal sesuai dengan anjuran Islam yang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 168, yang menjelaskan tentang kewajiban untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal dan baik.Implikasi dari penelitian menunjukkan bahwa stereotifikasi dalam iklan bukanlah sebuah hal yang tabu melainkan sudah menjadi sebuah keharusan dalam media saat ini. Stereotifikasi perempuan dalam iklan di televisi menjadi salah satu contoh bahwa penyajian iklan tidak dapat terlepas dari stereotip. Representasi wanita yang cenderung ditempatkan pada posisi subordinat sedangkan pria menjadi kaum superior banyak ditemukan pada media saat ini. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bahwa ajaran Islam menguatkan budaya patriarki yang berlangsung cukup lama dalam budaya Indonesia. Dengan kata lain, nilai Islam yang terdapat dalam Iklan di televisi sesungguhnya menguatkan sistem budaya patriarki yang ada di Indonesia secara umum. Sebaliknya, pandangan atau gagasan ini dapat berubah ketika diadaptasikan pada ruang publik.
PERAN KOMUNITAS HIJABERS MOSLIM MAKASSAR DALAM MEMOTIVASI MUSLIMAH BERHIJAB Asni Djemereng; Zulfikar Zulfikar
Jurnal Al-Khitabah Vol 3 No 3 (2017)
Publisher : Jurnal Al-Khitabah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Komunitas Hijabers Moslim Makassar dalamMemotivasi Muslimah Berhijab” merupakan penelitian yang mencoba menjabarkanbagaimana peran yang dilaukan melalui hijab yang telah disyariatkan Agama Islam gunameningkatkan pengetahuan masyarakat terkait ajaran-ajaran Islam sesuai dengan al-Qur‟andan hadis.Pokok permasalahan penelitian ini dirumuskan menjadi beberapa sub masalah ataupernyataan penelitian yaitu metode apa yang digunakan oleh KHMM dalam memotivasimuslimah berhijab dan apa dampak dari aktivitas dari KHMM. Jenis penelitian ini tergolongpenelitian kualitatif dengan metode pendekatan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitianlapangan yang menggunakan metode analisis deskriptif dalam analisis datanya.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat dikatakan bahwa metode dakwahyang dilakukan oleh komunitas Hijaber Moslim Makassar adalah metode dakwah bil hikmahdimana metode ini merupakan metode dari pencerminan pribadi seseorang yaitu berdakwahtidak harus melalui mimpir tapi bisa juga memberikan contoh dengan sikap yang baik danakan dicontoh oleh orang lain. Dampak dari aktivitasnya Komunitas Hijabers MoslimMakassar sangatlah positif, baik secara internal maupun eksternal atau baik bagi para anggotaKHMM ataupun muslimah lainnya.

Page 1 of 4 | Total Record : 38