Jurnal Al-Khitabah
Vol 3 No 3 (2017)

PESAN DAKWAH PADA IKLAN KOSMETIK WARDAH “SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA”

Kamaluddin Tajibu (UIN Alauddin Makassar)
Syafriana Syafriana (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini berjudul Pesan Dakwah dalam Iklan Kosmetik Wardah (Sebuah KajianSemiotika). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi penanda dan petandadalam iklan kosmetik wardah versi “Kisah di Balik Cantik” (2) mengetahui makna pesandakwah yang ditampilkan dalam iklan kosmetik wardah versi “Kisah di Balik Cantik”berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuidan memahami iklan sebagai media dakwah Islam.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif yang berguna untukmengungkapkan dan memaparkan situasi atau wacana mengenai iklan Wardah kosmetik padamedia televisi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumentasi. Analisis datamenggunakan metode analisis semiotika dengan dasar pemikiran Roland Barthes, sehinggadiperoleh makna yang mendalam tentang iklan kosmetik Wardah tersebut.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Petanda dan penanda dalam iklan wardahversi “Kisah di Balik Cantik” ditemukan berupa simbol-simbol yang bisa dimaknai sebagaibrand image (citra produk) kosmetik muslimah. Di antaranya, pemakaian model wanita yangberpenampilan menggunakan pakaian berhijab. (2) Makna pesan dakwah yang terkandungpada iklan kosmetik Wardah versi “Kisah di Balik Cantik” antara lain adalah makna nonverbalartifaktual (penampilan) yakni dari hijab atau penutup kepala yang dikenakan olehmodel dalam iklan menunjukkan identitas seorang wanita muslimah, makna non-verbal facial(wajah) melalui ekspresi wajah yakni senyuman, dan makna non-verbal paralinguistik(pengucapan) bertutur kata yang sopan.Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Dapat memberikan kontribusi bagi pengiklan,iklan wardah versi “Kisah di Balik Cantik” dapat dijadikan sebagai referensi untuk iklan-iklanlain yang ingin mempromosikan produknya terutama produk kecantikan.(2) diharapkanmampu meningkatkan kesadaran akan media pada masyarakat yaitu dengan menumbuhkansikap kritis dan selektif dalam menghadapai berbagai serbuan iklan yang tidak bisa ditolaksehingga tidak terjadi salah peresepsi dalam menelaah isi media.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Description

Jurnal Al-Khitabah diterbitkan oleh Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin ...