PAWIYATAN
Vol 23 No 1 (2016)

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN BIMBINGAN DAN KONSELING IKIP VETERAN SEMARANG

Sri Sayekti, Sudarno Kristyono, Priscilla Titis Indiarti, (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2016

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dan hak asasi setiap manusia untuk mempersiapkan kehidupannya, baik sebagai makhluk pribadi maupun sosial. Pendidikan sebagai wahana yang tepat dalam meningkatkan kualitas  SDM, sehingga wajar bila melalui pembangunan bidang pendidikan dapat memberikan peningkatan mutu secara signifikan dalam pengembangan SDM.  Oleh karena itu, kualitas pendidikan harus dioptimalkan, salah satu peran penting adalah  pada dosen,  karena dosen merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran. Dosen menduduki posisi strategis yang akan memberikan kontribusi langsung terhadap kualitas hasil pembelajaran bagi mahasiswa. Penelitian ini  mengkaji secara empirik beberapa permasalahan penting dalam manajemen pendidikan, khusunya manajemen SDM.  Terlebih setelah pemerintah mencanangkan berbagai kebijakan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan mutu. Kebijakan pemerintah dalam pendidikan itu diberlakukan berdasarkan berbagai analisis, pertimbangan dan prediksi yang realistis, sehingga tujuan utama pendidikan  untuk mencerdaskan manusia Indonesia dapat terwujud. Namun apakah para dosen yang mengajar di progdi BK  pada Fakultas Ilmu Pendidikan di IKIP Veteran Semarang  telah memiliki kualitas dan profesionalitas sesuai tuntutan Undang-Undang No: 14/2005 tentang Guru dan Dosen?, maka peneliti memandang perlunya dilakukan penelitian ini. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan model deskriptif kuantitatif yang diberikan kepada seluruh mahasiswa reguler progdi BK berjumlah 97 orang. Alat pengumpul data adalah dokumen dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap kinerja dosen Bimbingan Konseling pada Fakultas Ilmu Pendidikan di IKIP Veteran Semarang berada pada kriteria sangat baik, hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator: (1) dukungan dalam pengentasan perilaku menyimpang 83,81%, (2) pemberian motivasi untuk berperilaku positif 86,24%, (3) dukungan dalam penyesuaian dengan lingkungan 78,87%, dan (4) motivasi dalam kebiasaan belajar yang baik 77,37% dari keseluruhan responden yang berjumlah 97 mahasiswa BK.     Kata Kunci: Persepsi mahasiswa, kinerja dosen BK.

Copyrights © 2016