Widya Dharma
Vol 27, No 2 (2015)

PENGARUH PEMBELAJARAN STATISTIKA KONSTRUKTnnSTERHADAPPERKEMBANGAN PENGETAHUAN DAN KARAKTER MAHASISWA PENDIDlKAN BIOLOGI

Suparno, Paul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui pengarub pembelajaran statistika konstruktivis terhadap perkembangan pengetahuan dan karakter mahasiswa pendidikan Biologi Universitas Sanata Dharma. Pertanyaan utama adalah (I) apakah pengetahuan mahasiswa meningkat, (2) apakah tingkat karakter mahasiswa menjadi lebih tinggi, dan (3) karakter mana yang dirasakan sangat berkembang oleb mahasiswa. SampeJnya adalah 34 mahasiswa Pendidikan Biologi yang sedang mengikuti kuliah statistika. Pembelajaran statistika konstruktivis digunakan sebagai treatment. Instrumen penelitian berupapretest dan postest untuk mengetahui kernajuan pengetahuan mahasiswa dan angket untuk melihat karakter mahasiswa setelah mempelajari statistika dengan pendekatan konstruktivis. Hasil penelitian adalah (I) pengetabuan mahasiswa rneningkat secara  signifikan; (2) karakter mahasiswa tinggi; dan (3) nilai karakter yang sangat dirasakan oleh rnahasiswa adalah ketelitian, kerja sarna, kejujuran, dan disiplin.

Copyrights © 2015