Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (GEOGRAFI) DI KELAS VII SMP QURANIAH 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2013-2014

Aryaningrum, Kiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhmodelpembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (geografi) di kelas VII SMPQuraniah 1 Palembang 2013-2014. Hipotesisnya yaitu model pembelajarankooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruh besar terhadaphasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (Geografi) kelas VII SMPQuraniah 1 Palembang 2013-2014. Pada penelitian ini metode yang dipakaipeneliti yaitu metode eksperimen yang melibatkan dua variabel yaitu variabelbebas adalah adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team GamesTournament (TGT), dan variabel terikat adalah hasil belajar geografi pada materiTenaga Endogen dan Vulkanisme. Teknik pengumpulan datanya menggunakanobservasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakanuji-t yaitu untuk menganalisis suatu pengaruh.Berdasarkan analisis data ovservasi dan data tes, diperoleh suatukesimpulan bahwa dari hasil observasi yang diamati maka dapat dilihat keaktifansiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol meningkat, ternyata kelaseksperimen lebih aktif dari pada kelas kontrol, sedangkan perbedaan hasilbelajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team GamesTournament (TGT), pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkanhasil perhitungan diperoleh nilai akhir yaitu siswa yang menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) mendapat nilairata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79,41, sedangkan nilairata-rata kelas kontrol sebesar 64,02. Dari perhitungan dengan menggunakan uji-t maka diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 6,49 > 1,668 maka penelitian ini sesuaidengan kriteria pengujian hipotesis t hitung > t tabel , dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajarankooperatif tipe Teams Games tournament (TGT) lebih tinggi dari pada hasilbelajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran TGT, sehinggapenelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diharapkan yaitu “Modelpembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruhbesar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (Geografi)kelas VII SMP Quraniah 1 Palembang 2013-2014.Kata kunci : Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Siswa, Geografi

Copyrights © 0000