cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Universitas PGRI Palembang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 813 Documents
PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA Nopriyanti, Tika Dwi
Prosiding Universitas PGRI Palembang Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Publisher : Prosiding Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakKemampuan koneksi matematis siswa sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam menyelesaikan soal-soal matematika maupun dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research) menghasilkan 20 soal matematika yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan koneksi matematis siswa yang valid dan praktis. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP Negeri 1 Inderalaya yang berjumlah 32 siswa dengan 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Peneliti menyarankan agar siswa dapat menggunakan soal-soal ini untuk melatih kemampuan koneksi matematis siswa selain itu soal tipe ini akan sangat membatu guru untuk meningkatkan daya ingat siswa dalam mengingat materi-materi sebelumnya sehinngga ini jelas akan mempermudah guru dalam memberikan materi selanjutnya.
PMRI APPROACH (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION APPROACH OF INDONESIA) TO IMPROVE UNDERSTANDING MATHEMATICAL ABILITY AND DISPOSITION SMP STUDENT Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractThis aim of this study to determine the influence of PMRI approach to improvement of understanding and mathematical disposition. Experimental design used is a Control Group Pretest-posttest design. Samples were randomly selected from three grade  schools that ranked high school ranking, medium school rankings, and low scholls rankings. From each of the schools taken two classes; one class as an experimental class (PMRI approach) and one more class as a conrol class (conventional learning). Analysis of test data using two-ways ANOVA. Based on the data analysis, it can be concluded that the improvement of mathematical understanding ability and disposition of student who got PMRI approach is higher than students who had conventional mathematic (CMT) approach, by overall students, school rank, and students basic mathematical knowledge. Keywords: realistic mathematics education Indonesia (PMRI), mathematical understanding         (MU), mathematical disposition (MD), school rank (SR), and students basic mathematic knowledge (BMK).
TES RUMPANG (CLOZE TEST) DALAM ANCANGAN PRAGMATIK Sukmayani, Nuniek Setya
Prosiding Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Edisi 1
Publisher : Prosiding Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakDosen atau guru adalah suatu profesi yang luhur dan mulia karena dari dosen/guru manusia memiliki jengkang pendidikan yang lebih tinggi dan memiliki wawasan pengetahuan dan atau pengetahuan yang luas. Tugas dosen bahasa salah satunya adalah memberikan tes bahasa yang bersifat pragmatic adalah suatau pendekatan yang sesuai untuk menguji keterampilan bahasa guna mengetahui seberapa baik siswa dapatr menggunakan unsur-unsur bahasa sesuai konteks komunikasi dalam kehidupan nyata. Tes bahsa bersifata pragmatic diantaranya adalah tes rumpang (cloze test), yaitu suatu tes dengan wacana sengaja dikosongkan dengan cara kata-kata tertentu dihilangkan secara sistematis pada teks yang dipilih. Tes rumpang merupakan alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan memahami teks tertulis bahasa jepang.Kata kunci: tes bahasa, tes rumpang.
MENYONGSONG LAHIRNYA GENERASI EMAS TAHUN 2045 Fauzi, Taty
Prosiding Universitas PGRI Palembang Jurnal
Publisher : Prosiding Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPerkembangan kemampuan anak perlu dicukupi dengan kebutuhan primer, sandang-pangan, kasih sayang, penghargaan dan peluang untuk dapat mengaktualisasikan dirinya. Pada masa usia peka kecakapan dapat  diserap 70 hingga 80%, dari stimulus yang diberikan oleh pendidik. Periode ini dikenal juga dengan the golden age atau periode emas. Jika periode emas tersebut dimanfaatkan  secara tepat maka akan terjadi perkembangan otak yang optimal, simpul-simpul sarafnya akan semakin jelas. Potensi emas ini jika terus dibentuk, diarahan dengan kontrol yang baik akan memproduksi lahirnya anak- anak cerdas yang  dapat melejit menjadi bintang. Aspek kognitif, afektif dan psikomotorik hendaknya dapat dioptimalkan secara seimbang sekaligus dengan penanaman nilai- nilai moral dan agamis.Kata Kunci : Guru, Generasi Emas, Karakter, Pendikar, Sumber Daya Manusia,
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE PADA MATA KULIAH ALJABAR 2 DI FKIP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Karlina, Karlina
Prosiding Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Edisi 1
Publisher : Prosiding Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan resmpon mahasiswa pada mata kuliah aljabar 2 melalui model pembelajaran kooperatif think pair share untuk mahasiswa semester 2 program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Palembang yang berjumlah 37 orang. Teknik pengumpulan data berupa tes untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa dan angket untuk melihat respon mahasiswa terhadap pembelajaran dengan model kooperatif think pair share. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data angket menunjukkan respon mahasiswa yang positif, yaitu sebanyak 32 mahasiswa (94,12%) menyatakan pada soal-soal yang terdapat pada bahan ajar dapat membimbing mereka memahami materi dan 34 mahasiswa (90%) menyatakan angket/termotivasi terhadapa cara dosen mengajar dalam memahami materi. Hasil angket juga menyatakan bahwa semua mahasiswa setuju jika pembelajaran materi lain juga menggunakan cara seperti ini (pembelajaran kooperatif berbasis think-Pair-Share). Sedangkan analisis data terdapat tes hasil belajar diperoleh rata-rata nilai akhir mahasiswa 79.03. nilai ini termasuk dalam kategori baik.Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif think-pair-share, Aljabar II, Program Linier.
FAKTOR PENYEBAB SISWA MELAKUKAN PELANGGARAN SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR Armansyah, Armansyah
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPelanggaran yang sering dilakukan siswa di sekolah akhir-akhir ini semakin beragam bentuknya. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian yang berjudul Faktor penyebab siswa melakukan pelanggaran sekolah dan implikasinya terhadap hasil belajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa, mengetahui penyebab siswa melakukan pelanggaran sekolah, dan mengetahui implikasi pelanggaran yang dilakukan siswa terhadap hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini mengunakan pendekatan naturalistik dengan analisis data mengunakan analisis frekuensi dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan empat cara yaitu (1) observasi, (2) kuesioner, (3) wawancara, (4) dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 19 Palembang adalah kenakalan sosial yang dikategorikan tidak menimbulkan korban di pihak lain. Adapun bentuk pelanggarannya seperti; mengobrol di kelas saat jam pelajaran, tidak disiplin, dan melanggar ketertiban sekolah. Sedangkan penyebab siswa melakukan pelanggaran dominannya karena faktor pribadi siswa yang terkait dengan sifat dan rendahnya pengendalian diri. Selanjutnya terdapat implikasi yang buruk bagi siswa yang sering melakukan pelanggaran pada umumnya akan memperoleh hasil belajar yang rendah.Kata Kunci: Pelanggaran, Siswa, Hasil Belajar
DESAIN PEMBELAJARAN MATERI PERKALIAN DI KELAS II SEKOLAH DASAR Retta, Allen Marga
Prosiding Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Edisi 1
Publisher : Prosiding Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah mengetahui peranan makanan khas Palembang dalam mendukung proses pembelajaran materi perkalian menggunakan tema makanan khas Palembang sebagai starting point pembelajaran yang berkembang dari tahap informal ke tahap di kelas II SD. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 117 Palembang yang merupakan salah satu sekolah mitra Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design research  yang terdiri dari tiga tahap yaitu preparing for the experiment, design experiment dan retrospective analysis. Penelitian ini menunjukkan peranan makanan khas Palembang sebagai titik awal (starting point) pembelajaran dalam memahami konsep perkalian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa makanan khas Palembang dapat mendukung pemahaman kosnep perkalian. Seluruh strategi dan model yang ditemukan siswa serta hasil diskusi menujukkan bagaiman kontruksi siswa dapat digunakan untuk membantu pemahaman konsep perkalian. Aktivitas-aktivitas pembelajaran yang dilakukan siswa menghasilkan tercapainya  tujuan pembelajaran. Tahapan-tahapan belajar siswa memiliki peranan penting dalam memahami konsep perkalian dari tahap informal ke formal.Kata kunci: Perkalian, Penelitian desain, makanan khas Palembang, PMRI.
MOTIV BERPRESTASI DAN KEMANDIRIAN MERUPAKAN BAGIAN DARI FAKTOR PENENTU PROFESIONAL GURU Kesumawati, Nila
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak             Kualitas seorang guru professional dapat juga didukung oleh motiv berprestasi dan kemandirian untuk mengabdikan diri pada institusi pendidikan. Motiv berprestasi dari dalam maupun dari luar diri seorang guru. Selanjutnya kemandirian adalah kemampuan untuk mengarahkan dan mengendalikan diri sendiri dalam berpikir dan bertindak, serta tidak tergantung kepada orang lain secara emosional. Pada intinya kemandirian mencerminkan keinginan yang mengakar untuk mengukur diri sendiri, kemampuan untuk mengikuti pikiran sendiri dan berusahan mewujudkan keinginan yang ditentukan sendiri. Begitu pentingnya peranan seorang guru, sehingga sampai saat ini peranan tersebut tidak dapat digantikan oleh media apapun. Titik focus terletak pada perannya sebagai pendidik dan arsitek pembentuk watak manusia. Guru memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa melalui pengembangan kepribadian dan nilai-nilai yang diinginkan. Kata kunci: motiv berprestasi, kemandirian, dan professional guru.
KONTEKS PERMAINAN “KAKISAMBE” DALAM PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR Tanzimah, Tanzimah
Prosiding Universitas PGRI Palembang Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang
Publisher : Prosiding Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mengetahui peranan permainan “kakisambe”dalam mendukung pembelajaran dan menghasilkan lintasan belajardalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulatdengan menggunakan permainan “kakisambe” di kelas IV SekolahDasar. Penelitian dilaksanakan di SDIT Bina Ilmi Palembang denganpembelajaran yang menggunakan pendekatan PendidikanMatematika Realistik Indonesia (PMRI). Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah design research yang terdiri dari tigatahap, yaitu: (1) preparing for the experiment; (2) teachingexperiment; dan (3) retrospective analysis. Hasil dari penelitian inimenunjukkan peranan permainan “kakisambe” sebagai starting pointyang menopang pemikiran siswa dalam memahami konseppenjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Aktivitas-aktivitaspembelajaran yang dilakukan siswa menghasilkan lintasanpembelajaran yang menuju tercapainya tujuan pembelajaran.Lintasan pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan bulatdengan menggunakan permainan “kakisambe” yang dihasilkanmasing-masing terdiri dari empat aktivitas, yaitu: (1) bermain“kakisambe”; (2) menggunakan garis bilangan; (3) menemukankonsep penjumlahan dan pengurangan dua bilangan bulat; dan (4)menyelesaikan soal tentang penjumlahan dan pengurangan duabilangan bulat.Kata kunci: Permainan “kakisambe”, design research, PMRI.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS INQUIRY UNTUK SISWA SMP Kesumawati, Nila; Mulbasari, Anggria Septiani; Darmawijoyo, Darmawijoyo
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract: This study aims to produce a teaching material for three dimensional spaces using inquiry based approach. This research is a developmental research consists of three steps: preliminary, formative study (self evaluation, expert review, one to one and small group) and a field test. The subjects were eighth grade student of SMPN 45 Palembang. Experts review suggest that this study has produced a valid and practical teaching material for three dimensional apaces. The results of the field test alsoshow that the material has a potential effect to improve students critical thinking skills. Keywords: Inquiry based approach, three dimensional spaces, worksheet.

Page 1 of 82 | Total Record : 813


Filter by Year

2011 2017


Filter By Issues
All Issue PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 21 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Jurnal Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Jurnal More Issue