KOMPETENSI INSTRUKTUR DAN EFEKNYA TERHADAP KECAKAPAN VOKASIONAL PESERTA PELATIHAN Dadan Darmawandadanpls@gmail.comJurusan Pendidikan Luar SekolahFakultas Keguruan dan Ilmu PendidikanUniversitas Sultan Ageng Tirtyasa ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi Pedagogik instruktur dan efeknya terhadap kecakapan vokasional peserta pelatihan di Balai Pelayanan Pendidikan Non Formal Provinsi Banten. Rumusan masalahnya adalah; 1) Kondisi Objektif Kecakapan Vokasional, 2) Kondisi Objektif Kompetensi Pedagogik Instruktur, 3) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur terhadap Kecakapan Vokasional, dan 4) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Instruktur dan Efeknya terhadap Kecakapan Vokasional. Populasi penelitian ini adalah semua peserta pelatihan menjahit yang di selenggarakan Balai Pelayanan Pendidikan Provinsi Banten yang menjadi perwakilan kabupaten dan kota. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ; 1) Kecakapan Vokasional dasar lebih tinggi dibandingkan dengan kecakapan khusus dan perbedaannya dapat dilihat di pendidikan terakhir, usia peserta dan pengalaman menjahit. 2) Kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kompetensi kepribadian dan sosial. 3) Kompetensi Instruktur memiliki pengaruh terhadap kecakapan vokasional peserta secara signifikan. Dan dilihat dari pengaruhnya kompetensi kepribadian memiliki pengaruh tertinggi dibandingkan dengan kompetensi lainnya. 4) Kompetensi Instruktur dilihat dari efek pengalaman menjahit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecakapan vokasional, tetapi usia peserta dan pendidikan terakhir tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Kata Kunci : Kompetensi Instruktur, Efek dan Kecakapan Vokasional
Copyrights © 2016