AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
Vol 4, No 1 (2016): Juni 2016

DAKWAH DAN KOMUNIKASI (Studi Penggunaan Media Massa Dalam Dakwah)

Mubasyaroh, Mubasyaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2016

Abstract

Dakwah Islam merupakan upaya komunikasi dalam rangkamempengaruhi individu atau masyarakat, dengan sadar dan yakinakan kebenaran Islam, mau menganutnya serta mau memperdalamajaran agama Islam. Melalui media massa (komunikasi massa),mereka diharapkan mau meyakini bahwa agama Islam akanmembawanya ke jalan Allah yang lurus dan benar, yaitu jalan yangbenar yang diridhai Allah. Dakwah sebagai proses komunikasi terdiridari Juru Dakwah atau yang disebut juga Mubalig, Umat manusiayang heterogin, lingkungan atau dimana dakwah dilaksanakan,media dakwah apa yang dipilih, dan tujuan dakwah. Dakwahdapai dilakukan langsung bertatap muka, maupun tidak langsungmenggunakan media.Agar tujuan dakwah tercapai maka diperlukanadaptasi bahasa dan budaya atau adat istiadat yang dianut masyarakat.

Copyrights © 2016