Prosiding Universitas PGRI Palembang
PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10

Kajian Perbandingan Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Problem Based Instruction dan Contextual Teaching And Learning dalam Pembelajaran Geografi

Armansyah, Armansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini mencoba mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe problem based instruction dan contextual teaching and learning dalam pembelajaran geografi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kajian literature. Sumber didapatkan dari beberapa penelitian terdahulu yang berkaitan dengan model pemebalajaran kooperatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran tipe contextual teaching learning lebih efektif dalam pembelajarangeografi dibandingkan dengan tipe problem based instruction. Hal ini diketahui dari perolehan nilai rata-rata siswa yang dihasilkan dari penggunaan metode ini. Pada pembelajaran yang menggunakan Model pembelajaran tipe contextual teaching learning hasil tes siswa memperoleh rata-rata 77.14 sedangkan pada pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problembased instruction memperoleh nilai tes rata-rata sebesar 73.19.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Contextual Teaching, Learning,Problem Based Instruction, Geografi

Copyrights © 0000