AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam
Vol 5, No 1 (2017): Juni 2017 (Article in Press)

KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM MASYARAKAT MULTIKULTURAL

Khoirun Nida, Fatma Laili (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu kegiatan yang paling mendasar yang dibutuhkan oleh setiap individu dalam dinamika adaptasi demi menjaga keberlangsungan spesiesnya. Salah satu tujuan dari komunikasi adalah sampainya pesan dari komunikator terhadap komunikan dengan harapan terciptanya pemahaman dan perubahan sikap maupun perilaku yang sesuai dengan harapan komunikator. Perubahan sikap dan perilaku yang sesuai dengan isi pesan komunikator sangat bergantung pada bagaimana komunikator mampu menyampaikan pesan secara persuasive.  Dalam kegiatan komunikasi, intervensi kebudayaan memiliki andil yang cukup besar dimana kebudayaan akan memberi pengaruh terhadap gaya komunikasi, persepsi, dan interpretasi terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator. Intervensi budaya tersebut adakalanya mampu menjadi daya dukung maupun penghambat dari efektifitas komunikasi persuasive. Untuk menghindari kegagalan persuasi dalam komunikasi maka dibutuhkan variable lain yang mampu berkontribusi pada tercapainya komunikasi persuasive dan efektif seperti penguatan empati dan penegakan etika dalam berkomunikasi

Copyrights © 2017