JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
Vol 3, No 1 (2018)

ANALISIS FREE ORIENTATION DAN RESILIENCE MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Lilik Ariyanto (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang)
Ahmad Nashir Tsalatsa (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2018

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan free orientation dan resilience mahasiswa calon guru. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatip dengan sampel mahasiswa calon guru matematika yang mengikuti mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika kelompok 3F. Cara perolehan data dengan menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data digunakan metode triangulasi. Kemampuan free orientation mahasiswa yang dimiliki mahasiswa  program studi pendidikan matematika pada mata kuliah pengembangan media pembelajaran cukup bagus. Mahasiswa sudah mencoba membuat media pembelajaran tetapi sulit untuk membuat rangkaian skenario pembelajaran dikarenakan mahasiswa sulit untuk melakukan sintesis. Kemampuan resilience dilihat dari regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, empati, analisis penyebab masalah, efikasi diri, dan peningkatan aspek positif. Secara umum mahasiswa sudah mempunyai resilience yang cukup baik. Mahasiswa mencari solusi dalam kesulitan yang mereka hadapi, mulai dari pencarian ide untuk membuat media pembelajaran matematika, membuat skenario, membuat design dan praktek membuat media pembelajaran sesuai skenario. Kesulitan yang mereka hadapi seringkali didiskusikan dengan teman-teman yang mereka anggap pintar dikelas, sehingga mereka dapat saling belajar untuk membuat media pembelajaran yang lebih baik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPMat

Publisher

Subject

Education

Description

JIPMat (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) is registered with p-ISSN 2502-7638 and e-ISSN 2502-8391 is a scientific journal of Mathematics Education Department Universitas PGRI Semarang which focuses on the delivery of information on mathematics education from elementary school to university high. ...