ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Vol 4, No 1 (2016): ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal

Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences di TK/RA Ponoroho

Muafiah, Evi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2017

Abstract

Usia dini merupakan masa peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Situasi dan kondisi yang kondusif sangat dibutuhkan anak usia dini. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Multiple Intelligences yang mengakui bahwa setiap anak mempunyai kecerdasan yang berbeda. Penelitian ini mengungkapkan tentang (1) penerapan strategi pembelajaran Multiple Intelligences di TK/RA Ponorogo, (2) kendala yang dihadapi saat menerapkan strategi tersebut dan (3) solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala yang mereka hadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari para guru TK/RA melalui wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis dilakukan melalui reduksi, displai, dan verifikasi data. Hasil penelitian: (1) Strategi pembelajaran Multiple Intelligences dilaksanakan melalui model semi sentra dan kelompok murni. (2) Kendala yang dihadapi adalah ruangan yang kurang banyak, jumlah guru yang tidak seimbang dan guru yang kurang kreatif. (3) Solusinya adalah dengan menyesuaikan tema yang sedang dilaksanakan melalui model pembelajaran non sentra.

Copyrights © 2016