Gema Pendidikan
Vol 24, No 2 (2017): JURNAL GEMA PENDIDIKAN VOLUME 24 NO.2 JULI 2017

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI PENERAPAN STRATEGI AKTIVITAS MENULIS TERBIMBING SISWA KELAS V SD NEGERI 15 POASIA KOTA KENDARI

Mansyur - M (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 May 2018

Abstract

AbstrakTelah diteliti peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui penerapan strategi aktivitas menulis terbimbing pada siswa kelas V SDN 15 Poasia Kota Kendari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan strategi aktivitas menulis terbimbing. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dua siklus, masing-masing tiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa, tes tertulis, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh hasil tes pada siklus I menunjukan bahwa ketuntasan belajar yaitu 61,11% yang telah mencapai KKM, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu telah mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu ketuntasan belajar telah mencapai 83,33%, artinya mengalami peningkatan mulai dari observasi awal ,siklus I dan siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan strategi aktivitas menulis terbimbing dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa pada kelas V SD Negeri 15 Poasia Kota Kendari. Kata Kunci: Menulis, Strategi Aktivitas menulis terbimbing, Kemampuan Menulis Narasi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...