AKSIOMA
Vol 3, No 2 (2012): AKSIOMA

MOVIE AND COMPACT DISC SEBAGAI PAPERLESS LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP

Lilik Ariyanto (Unknown)
Supandi Supandi (Unknown)
Widya Kusumaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2012

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media e-learning berupa Movie and Compact Disc pembelajaran pada pelajaran matematika yang implementasinya dapat menumbuhkan keaktifan dan karakter siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini yaitu pada meningkatnya hasil belajar siswa dari sisi paedagogik, afektif, dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan teori pengembangan Thiagarajan, dimana pengembangannya hanya sampai analisis dan revisi dari uji validasi ahli. Media pembelajaran yang dikembangkan, hampir semua validator menyatakan bahwa media yang dikembangkan sudah baik, dapat digunakan dan dilanjutkan pada tahapan penelitian lanjutan dengan sedikit revisi dengan rata-rata hasil validasi yang diperoleh adalah untuk validasi movie pembelajaran dari tiga validator rata-ratanya 3.43; validasi CD pembelajaran rata-rata 3.3; validasi BPMP 3.03; dan validasi BPCDP diperoleh rata-ratanya 3.3 dari nilai maksimal 4.Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, movie.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

aksioma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika adalah jurnal dalam bidang matematika dan pendidikan matematika yang memfasilitasi guru, mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan dalam menerbitkan karya ilmiah atau artikel hasil penelitian maupun studi pustaka. Jurnal Aksioma ini terbit 2 kali ...