Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2: Juli 2010

Efektivitas Penerapan Pembelajaran Konstruktivis Terhadap Hasil Belajar Matematika

Hasnawati . (Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Oleo)
Ardin . (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pendekatan pembelajaran konstruktivis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Populasi adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari empat kelas, sementara sampelnya dua kelas diperoleh secara random yaitu kelas  masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perlakuan disatu pihak dan kontrol di pihak lainnya.  Artinya pendekatan pembelajaran konstruktivis lebih efektif dibandingkan dengan peembelajaran konvensional.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...