MAGISTRA
Vol 29, No 99 (2017): Magistra Maret

PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA BIOLOGI MATERI SISTEM DALAM KEHIDUPAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA VIII B SMP N 3 TULUNG KLATEN SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2016/2017

., Harjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai upaya menjawab permasalahan yang terjadi di kelas VIII BSMPN 3 Tulung, yaitu, kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B dalam memahami dan menjawabsoal-soal yang berkaitan dengan Sistem Kehidupan Tumbuhan dalam Pelajaran IPA Biologi. Rendahnya motivasidan hasil belajar siswa materi Sistem Kehidupan Tumbuhan ini menyebabkan banyak siswa yang mendapatkannilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dalam Pelajaran IPA Biologi.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIISMPN 3 Tulung Sukorini dalam Pelajaran IPA Biologi. Metode yang digunakan untuk meningkatkan motivasidan hasil belajar siswa dalam penelitian ini adalah Metode Experiential Learning atau Pembelajaran melaluipengalaman.Penelitian ini menggunakan empat tahap PTK, yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi,penulis berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa secara signifikan. Dari hasil yang diperolehmelalui penelitian ini, penulis berkesimpulan bahwa  metode pembelajaran Experiential Learning mampumeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMPN 3 Tulung dalam memahami materi SistemKehidupan Tumbuhan.Kata Kunci  : Kehidupan Tanaman, Experiential Learning

Copyrights © 2017