RITME
Vol 2, No 1 (2016)

PEMANFAATAN BAHAN SIGHT READING DALAM PEMBELAJARAN PIANO

Sandie Gunara (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2017

Abstract

Tujuan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang berkaitan dengan pembelajaran piano pada mahasiswa calon guru musik di Departemen Pendidikan Seni Musik FPSD UPI. Permasalahan yang dikaji mulai dari kesulitan apa saja yang dihadapi oleh mahasiswa ketika melakukan sight reading dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca partitur piano. Metode yang digunakan untuk mengkaji permasalahan tersebut yaitu studi kasus. Metode ini peneliti gunakan untuk mengkaji peristiwa kontemporer  yang menjadi fokus kajian. Tujuan menggunakan metode ini bukan untuk mengontrol perilaku setiap subjek penelitian, tetapi mengkaji setiap kasus yang terjadi pada saat proses penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa memiliki kesulitan dalam membaca partitur karena belum terbiasa  membaca secara langsung tanpa latihan terlebih dahulu. Proses pembelajaran dengan menggunakan bahan-bahan sight reading pun memiliki pengaruh hanya pada tataran permukaan saja yaitu mahasiswa hanya mampu membaca dengan tepat nada dan ritmiknya saja. Sedangkan pada tataran yang lebih dalam, seperti kesadaran musikal dalam menerapkan konsep-konsep musikal secara praktek belum menunjukkan hasil yang maksimal.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ritme

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Jurnal Ritme (Seni dan Desain serta Pengajarannya) diterbitkan oleh Fakultas Pendidikan Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia dua kali dalam setahun, bulan Februari dan Agustus. Ruang lingkup topik artikel meliputi pembelajaran seni dan desain, inovasi pembelajaran seni, model ...