Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 2, No 2 (2011): SEPTEMBER 2011

PENGARUH PEMBELAJARAN MAKE A-MATCH DAN INDEX CARD MATCH TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA INSTITUT INDONESIA SEMARANG TAHUN AJARAN 2010/2011

Uswatun Khasanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2012

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuiadakah perbedaan pemahaman siswa yang dikenai modelpembelajaran aktif menggunakan metode make a-match dansiswa yang dikenai model pembelajaran aktif menggunakanmetode index card match pada siswa kelas X SMA InstitutIndonsia Semarang tahun ajaran 2010/2011.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas Xdari X1 sampai X8 SMA Institut Indonsia Semarang tahun ajaran2010/2011 . Dengan teknik cluster random sampling terpilih duakelas sebagai sampel yaitu kelas X2 sebagai kelas kontrol dankelas X4 sebagai kelas eksperimen.Berdasarkan hasil perhitungan anava satu jalur diperolehFhitung= 7,18 dan Ftabel= 7,11. Hal tersebut menunjukkan bahwaFhitung >Ftabel maka Ho ditolak. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran aktif menggunakanmetode make a-match lebih berpengaruh terhadap pemahamansiswa pada pokok bahasan suhu dan kalor kelas X semester 2SMA Institut Indonsia Semarang dibandingkan dengan yangmenggunakan model pembelajaran aktif menggunakan metodeindex card match. Untuk itu Pembelajaran aktif menggunakanmetode make a-match perlu terus diterapkan dan dikembangkanpada materi yang lain agar penguasaan pemahaman siswaterhadap materi lebih meningkat.?é?áKata kunci: Pembelajaran aktif, pemahaman konsep, make amatch,index card match.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...