Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelola sampahsecara tepat sehingga dapat mengurangi volume sampah yangada dimasyarakat dan membuat produk dari pengolahansampah dibidang pendidikan untuk meningkatkan keberhasilanpembelajaran.Kegiatan awal dalam penelitian dan pengembangan yaitustudi pustaka dan dilanjutkan dengan pengembangan. Langkahlangkahdalam penelitian R&D yang digunakan dalam skripsiini yaitu (1) potensi dan masalah. (2) pengumpulan data. (3)desain produk. (4) validasi desain. (5) revisi desain. (6) uji cobaproduk. (7) produk.Menurut uji ahli yang berkompeten kriteria pembelajaran,analisis angket didapatkan kategori kriteria pembelajaransebesar 80% yaitu termasuk dalam kriteria baik. Untuk kategorikriteria tampilan sebesar 60% termasuk dalam kriteria cukupbaik, sedangkan untuk indikator kriteria teknis sebesar 60%termasuk dalam kriteria cukup baik. Kemudaian untuk uji ahliyang kedua terdapat peningkatan untuk kriteria tampilan danteknis. Angket untuk ahli materi didapatkan indikator kriteriapembelajaran didapatkan 93% termasuk dalam kriteria baik.Untuk indikator kriteria tampilan didapatkan hasil 90%termasuk dalam kriteria baik. Sedangkan untuk indikatorkriteria tampilan didapatkan 74,2% termasuk dalam kriteriacukup baik. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu melaluipengembangan didapatkan produk baru dari alat peraga yangberbentuk tiga dimensi.?é?áKata kunci: pengembangan, alat peraga, limbah,pembelajaran, listrik statis
Copyrights © 2011