Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 1, No 1 (2016): Agustus 2016

Penerapan Model Quantum Teaching pada Pembelajaran Persamaan Kuadrat di Kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh

Khana Silva Rezeka (Syiah Kuala University)
Yuhasriati Yuhasriati (Syiah Kuala University)
Syahyuzar Syahyuzar (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2017

Abstract

Model quantum teaching ialah model yang sangat dekat dengan siswa dengan sistem pembelajaran yang menyenangkan siswa. Model quantum teaching ini memiliki asas (Deporter, 2010:34) yaitu : “Bawalah duniamu ke dunia mereka, dan bawalah dunia mereka ke dunia mu”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai ketuntasan belajar pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh dengan menggunakan model quantum teaching. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh dan yang menjadi sampel dipilih secara acak (random) yaitu kelas VIII-2 SMPN 9 Banda Aceh dengan jumlah siswa 21 orang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar dengan pengukuran kuantitatif untuk melihat hasil belajar siswa melebihi nilai ketuntasan belajar. Pengolahan data menggunakan rumus statistik dengan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan penerapan model quantum teaching pada materi pembelajaran persamaan kuadrat di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh melebihi nilai ketuntasan belajar yaitu pada pengujian hipotesis 70. Simpulan penelitian ini adalah (a) Melalui model quantum teaching hasil belajar siswa melebihi nilai ketuntasan belajar pada materi persamaan kuadrat di kelas VIII SMPN 9 Banda Aceh: (b) Melalui model quantum teaching suasana belajar di dalam kelas terlihat menyenangkan. Di sarankan kepada guru maupun peneliti lainnya untuk dapat menerapkan model quantum teaching di dalam pembelajaran. Kata kunci: quantum teaching, persamaan kuadrat

Copyrights © 2016