Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Vol 2, No 2 (2017): May 2017

Pengaruh Penerapan Strategi Scaffolding Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 4 Banda Aceh Pada Submateri Tata Nama Senyawa Hidrokarbon

Faizah Muna nabila (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)
Abdul Gani (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)
. Habibati (Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
18 May 2018

Abstract

AbstrakTelah dilakukan penelitian dengan judul pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Banda Aceh pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif.. Subjek penelitian yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 dan 31 orang. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa soal tes (tes awal dan ulangan harian) serta lembar observasi sikap. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan uji-t untuk membuktikan hipotesis serta rumus persentase. Berdasarkan uji hipotesis hasil yang diperoleh yaitu Hoditerima karena hasil thitung ttabel yaitu 1,853 2,0409. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sedikit lebih tinggi dari kelas kontrol dengan persentase sebesar 73 69,66%. Penilaian sikap secara klasikal diolah dengan menggunakan rumus persentase dengan hasil rata-rata sebesar 74,8% pada kelas eksperimen dan 73,16% pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan strategi scaffolding terhadap ketuntasan hasil belajar peserta didik pada submateri tata nama senyawa hidrokarbon.Kata kunci : Scaffolding, Ketuntasan Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa Hidrokarbon.AbstractIt has conducted the research entitled, “The Effect of Implementation of Scaffolding Strategy in Students’ Learning Outcomes in Nomenclature of Hydrocarbons Subject at SMAN 4 Banda Aceh”. This research was conducted by using quantitative approach and the type of this research was experimental research. The subject of this research was class XI IPA 2 as control class and XI IPA 3 as experimental class, which consist of 30 students and 31 students. The technique of data collection of this research was the test and observation. Meanwhile, the research instrument of this study was test (pre-test, daily test, and observation sheet attitudes of the students). The data analyzed by using t-test and formula to prove the hypothesis. Based on the hypothesis, Ho is accepted since t-value is 1,853 2,0409. The result showed that the percentage of the experimental class students’ learning outcomes is 73,15  greater than control class that is 69,66% with an average value is 2,82 and 2,78. The ratting attitudes of the students processed by using the formula, which the result is 74,8 in the eksperimental class and 73,16% in the control class. Based on the result, it can be concluded that there is no significant improvement in the students’ learning outcomes in the nomenclature of hydrocarbon subject.Key Words : Scaffolding, Students’ Learning Outcomes, Nomenclature of Hydrocarbons.

Copyrights © 2017