Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Vol 1, No 3 (2016): Juli 2016

Pengembangan E-Module Kimia SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Haris Zulvianda (Prodi Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh 23111)
Latifah Hanum (Prodi Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh 23111)
Muhammad Nazar (Prodi Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh 23111)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2016

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang berjudul “Pengembangan E-Module Kimia SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit” (Uji coba di SMA Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar). Penelitian ini Bertujuan (1) Mengembangkan dan membuat e-module kimia SMA pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit yang layak diterapkan di sekolah, (2) Mengetahui kelayakan e-module hasil pengembangan yang telah dikembangkan berdasarkan aspek materi dan aspek media, (3) Mengetahui bagaiamana tingkat penilaian e-module hasil pengembangan berdasarkan hasil uji coba terbatas. Penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan media (Research and Development). Objek penelitian adalah E-Module pembelajaran, subjek penelitian adalah guru bidang Studi kimia sebanyak 2 orang dan 10 orang siswa dari SMA Negeri 1 Perukan Bada Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan angket. Berdasarkan hasil angket diperoleh hampir semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap pengembangan E-Module Kimia SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dengan alasan yang beragam seperti lebih mudah dipahami daripada membaca buku, menarik dan tidak membosankan, penyampaian bahasanya jelas dan tidak berbelit-belit, contoh-contoh yang ditampilkan dalam E-Module berhubungan langsung di dalam kehidupan sehari-hari. Semua Guru memberikan tanggapan positif  terhadap kebenaran isi materi yang sudah sesuai dengan SK dan KD. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-Module Kimia SMA Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit layak digunakan oleh guru pada proses belajar mengajar dan menarik bagi siswa untuk mempelajari materi tersebut. 

Copyrights © 2016