Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia
Vol 1, No 3 (2016): Juli 2016

Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi untuk SMA/MA Kelas XI IPA

Trio Salfrika (Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam banda Aceh 23111)
. Adlim (Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam banda Aceh 23111)
latifah hanum (Prodi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam banda Aceh 23111)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2016

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian dengan judul Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi untuk SMA/MA Kelas XI IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar handout berbasis kontekstual pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi serta menguji tingkat validitas, aktivitas siswa dan kelayakan dari bahan ajar yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (analyze, design, development, implentation, evaluation). Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi bahan ajar, angket observasi dan angket uji kelayakan. Persentase kelayakan bahan ajar yang diperoleh dari angket validasi sebesar 76,66% (layak). Aktivitas siswa saat uji coba penerapan bahan ajar yaitu 88,75% (sangat baik). Persentase rata-rata yang diperoleh dari angket respon siswa adalah sebesar 86,15% dengan kriteria sangat layak. Angket respon guru kimia kelas XI IPA terhadap bahan ajar yaitu 94,67% (sangat layak). Hal ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar handout berbasis kontekstual pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang dikembangkan bersifat berdaya guna efektif di sekolah uji coba. 

Copyrights © 2016