Khazanah Akademia
Vol 2, No 1 (2018): Khazanah Akademia

Pengaruh Model Peer Teaching terhadap Motivasi dalam Pembelajaran Hockey

Irwan Hermawan (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2018

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengkaji efektivitas model peer teaching terhadap motivasi dan hasil belajar keterampilan hockey. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif solusi dalam rangka pengembangan kualitas pembelajaran hockey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Experiment dengan desain The Static Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler hockey di SMAN 26 Bandung sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling seadanya. Waktu penelitian yaitu selama 6 minggu, jumlah perlakuan 16 kali pertemuan, dengan frekuensi 1 minggu 3 kali. Instrumen yang dipilih penulis untuk mengukur peningkatan motivasi adalah menggunakan angket motivasi. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran peer teaching terhadap peningkatan motivasi siswa; dan model pembelajaran peer teaching lebih berpengaruh secara signifikan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan motivasi siswa Kata kunci: hockey, motivasi, peer teaching

Copyrights © 2018