Jurnal AKP
Vol 8, No 1 (2017): Jurnal AKP - Juni 2017

TINGKAT KEPUASAN IBU TENTANG MUTU PELAYANAN POSYANDU BALITA

Wulansari, Yuni (Unknown)
Nugroho, Christianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2018

Abstract

ABSTRAKKepuasan ibu terhadap mutu pelayanan di posyandu dipengaruhi banyak faktor bukti nyata (tangible), reliability (keandalan/dapat dipercaya), responsiveness (ketanggapan) serta assurance (jaminan kepastian). Hal ini harus dipenuhi oleh petugas atau kader posyandu agar semua sasaran terpuaskan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan ibu tentang mutu pelayanan kesehatan Posyandu Balita di Posyandu Dusun Sambiroto Desa Sambirobyong Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasinya adalah semua ibu balita yang ada di Posyandu Balita dengan jumlah 30 ibu dengan sampel 30 responden diambil dengan teknik total sampling. Variabel penelitian adalah tingkat kepuasan tentang mutu pelayanan kesehatan posyandu balita dikumpulkan dengan menggunakan koesioner dengan jumlah 25 pertanyaan. Data yang dihasilkan diolah dengan cara editing, cording, scoring, tabulating dan dianalisis secara prosentase. Data disajikan dalam bentuk diagram dan tabel.Dari hasil penelitian didapatkan secara umum sebagian besar responden puas yaitu sebanyak 21 responden (70%) , sangat puas 8 responden (26,7%) dan cukup puas 1 responden (3,3%) dari total 30 responden.Hal ini disebabkan sarana atau fasilitas fisik posyandu sudah memadai, petugas memberi pelayanan dengan ramah, sopan, cepat tanggap, professional dan dapat diandalkan.Disimpulkan bahwa mutu pelayanan di posyandu Dusun Sambiroto Desa Sambirobyong Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri sudah dinilai memuaskan. Disarankan agar pelayanan yang ada tetap di pertahankan. Kata Kunci : kepuasan, mutu pelayanan posyandu balita

Copyrights © 2017