Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2017): Mei

MENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI PAUD NURUH HIDAYAH TUNGKOP ACEH BESAR

Nurdiatun . Afzaniah (Mahasiswa Angkatan 2012 Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini)
Yuhasriati . . (Dosen FKIP Unsyiah)
M. Yusuf Harun (Dosen FKIP UNSYIAH)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kecerdasan interpersonal anak melalui metode bermain peran anak usia dini umur  5-6 tahun di PAUD Nurul Hidayah Aceh Besar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peningkatan kecerdasan interpersonal anak  usia dini  umur 5-6 tahun melalui metode bermain peran di PAUD Nurul Hidayah? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak  kelas TK B usia anak 5-6 tahun di PAUD Nurul Hidayah sebanyak 10 orang anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang berkembang sangat baik (BSB) pada siklus I sebesar 40% setelah tindakan di siklus II kecerdasan interpersonal anak dalam kategori (BSB) terjadi peningkatan sebesar 70%.Kata Kunci : Kecerdasan Interpesonal, Bermain Peran

Copyrights © 2017