Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 4 (2017): November

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD MADANI BANDA ACEH

Naziratul . Husna (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini Angkatan 2012)
Yuhasriati . . (Dosen FKIP UNSYIAH)
M. Yusuf Harun (Dosen FKIP Unsyiah)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak melalui kegiatan main peran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat perkembangan sosial emosional anak melalui kegiatan bermain peran di PAUD Madani. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelompok TK B di PAUD Madani Banda Aceh. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil perkembangan sosial emosional anak melalui kegiatan bermain peran di PAUD Madani aspek tahu akan haknya (dari 5 subjek 4 sabjek Berkembang Sesuai Harapan dan 1 subjek Belum Berkembang), aspek menaati aturan kelas ( dari 5 subjek 3 subjek Berkembang Sangat Baik, 1 subjek Berkembang Sesuai Harapan dan 1 subjek Belum Berkembang), aspek mengatur diri sendiri (dari 5 subjek, 1 subjek Berkembang Sangat Baik, 3 subjek Berkembang Sesuai Harapan dan 1 subjek belum Berkembang) aspek berbagi dengan orang lain (dari 5 subjek, 1 subjek Berkembang Sangat Baik, 2 subjek Berkembang Sesuai Harapan, 2 Subjek Mulai Berkembang).

Copyrights © 2017