Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 1, No 4 (2016): November

PENGENALAN KONSEP BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DI PAUD NURUL HIDAYAH

Alvimaisuri . (Prodi PG-PAUD)
Bahrun . (PG-PAUD)
Yuhasriati . (PG-PAUD)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep bilangan dan lambang bilangan melalui permainan balok angka dalam mengembangkan kognitif anak di PAUD Nurul Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian tindakan kelas. Pada setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia dini berusia 4-5 tahun kelompok A berjumlah 12 orang anak yang terdiri atas 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa memperkenalkan konsep bilangan dan lambang bilangan melalui balok angka dalam mengembangkan kognitif anak dilakukan selama 2 siklus. Hasil siklus I adalah 1) Memperkenalkan angka menggunakan balok adalah hanya 8 dari 12 anak yang sudah mengenal angka 1-10, 2) Mengelompokkan balok sesuai dengan angka adalah hanya 5 dari 12 anak yang sudah mengenal bilangan 1-10, 3) Membentuk angka dengan menggunakan balok hanya 5 dari 12 orang anak yang sudah membentuk angka 1-10. Hasil siklus II adalah 1) Memperkenalkan bilangan menggunakan balok terjadi peningkatan menjadi 12 orang anak sudah mengenal angka 1-10. 2) Mengelompokkan balok sesuai dengan angka terjadi peningkatan menjadi 10 orang anak sudah mengenal bilangan 1-10. 3) Membentuk angka dengan menggunakan balok terjadi peningkatan menjadi 11 orang anak sudah membentuk angka 1-10.Kata kunci: bilangan, balok, kognitif

Copyrights © 2016