Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) wawasan kevokasionalan (pemahaman tentang SMK sebagai pendidikan dunia kerja (X1), pemahaman jenis-jenis program keahlian (X2), pemahaman dunia kerja (X3), layanan bimbingan konseling(X6)), lingkungan belajar (X4), Potensi daerah (X5), dan latar belakang sosial ekonomi orang tua (X7) siswa SMP kelas IX terhadap minat melanjutkan di SMK; (2) pengaruh wawasan kevokasionalan siswa SMP kelas IXÂ (pemahaman tentang SMK sebagai pendidikan dunia kerja (X1), pemahaman jenis-jenis program keahlian (X2), pemahaman duni kerja (X3), layanan bimbingan konseling(X6)), lingkungan belajar (X4), Potensi daerah (X5), dan latar belakang sosial ekonomi orang tua (X7) siswa SMP kelas IX terhadap minat (Y) melanjutkan di SMK. Penelitian merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif berjenis asosiasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel XÂ1, XÂ2, XÂ3,X5,XÂ6cenderung mendekati kategori tinggi dengan nilai persentase secara berurutan 75%, 72,23%, 71,72%, 71,89%, 72,46%, dan variabel X4, X7 cenderung mendekati kategori rendah dengan nilai persentase secara berurutan 62,09%, 56,51%; (2) variabel XÂ1, XÂ2, XÂ3,X4, XÂ5,XÂ6, ÂX7 ada pengaruh terhadap variabel Y dengan nilai koefisien korelasi secara berurutan 0.504, 0,590, 0,837, 0,178, 0,374, 0,706, 0,178 dan secara bersama-sama X1,X2,X3,X4,X5,X6,X7 terhadap Y ada pengaruh dengan koefisien korelasi sebesar 0,767.Kata Kunci: wawasan kevokasionalan, pemahaman, minat.
Copyrights © 2017