KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN BERBICARA BAHASA INGGRIS (SPEAKING) PADA MATA KULIAH ENGLISH DEBATE MAHASISWA

Ratna Sari Dewi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Mandra Saragih (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2017

Abstract

ABSTRAKUntuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan berbicara Bahasa Inggris (Speaking) pada mata kuliah English Debate mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di FKIP UMSU. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berupa kolaborasi atau kerjasama antara peneliti dengan Dosen. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari narasumber yaitu Dosen dan mahasiswa. Hasil pengamatan proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan dokumen resmi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriftif komparatif yaitu membandingkan nilai keterampilan berbicara siswa pada suatu siklus sebelumnya dan analisis kritis yaitu mengungkap kelemahan dan kelebihan kinerja dosen dan mahasiswa selama pembelajaran. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa dalam mata kuliah Debate.Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, berfikir kreatif, English Debate.

Copyrights © 0000