Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 8 No 2 (2018)

Tinjauan Deskriptif Penerapan Higher Order Thinking dan Problem-Based Learning Pada Mata Kuliah Geometri Berdasarkan Kemampuan Matematika Mahasiswa

Andri Anugrahana (PGSD Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
04 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi kemampuan higher order thinking skills HOTS dengan ditinjau dari Pelaksanaan pembelajaran konsep Geometri dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah 50 mahasiswa calon guru SD. Penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan model problem based learning. Mahasiswa medapatkan permasalahan yang diberikan guru, selanjutnya berdiskusi dalam kelompok dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengemukakan pendapat atau jalan pikiran secara lisan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil dari proses berpikir mahasiswa, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning mengikuti tahapan yang terdiri atas penyajian masalah, perencanaan penyelesaian masalah, penyelidikan masalah, penyajian hasil, dan menganalisis dan evaluasi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

scholaria

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a double blind-peer-reviewed journal managed by Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga cooperates with the Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah ...