AGRIKAN Jurnal Ilmiah Agribisnis dan Perikanan
Vol 5, No 2 (2012)

Analisis strategi pemasaran sagu kasbi pada GAPOKTAN Prima Jaya di Kelurahan Jaya Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan Propinsi Maluku Utara

Nur Azizah (Universitas Nuku)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2012

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui peran gapoktan Prima Jaya dalam manajemen operasional pemasaran sagu kasbi, dan mengetahui strategi pemasaran sagu kasbi yang dilakukan Gapoktan Prima Jaya.  Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan (Februari, Maret, April 2011) di Kecamatan Tidore Utara dengan 8 responden yang dipilih secara purposive.  Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dan analisa SWOT terhadap faktor-faktor internal dan eksternal Gapoktan Prima Jaya.  Berdasarkan hasil penelitian, peranan gapoktan dalam manejemen pemasaran meliputi 1) Kemampuan merencanakan kegiatan 2) Kemampuan melaksanakan dan menaati perjanjian dengan pihak lain 3) Kemampuan memupuk modal dan memanfaatkan modal secara rasional 4) Kemampuan meningkatkan hubungan melembaga dengan KUD dan Koptan 5) Kemampuan memanfaatkan Informasi dan menerapkan teknologi 6) Kemampuan penerapan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan saluran distribusi.  Adapun strategi pemasaran yang perlu dilakukan Gapoktan Prima Jaya adalah: 1) Pengembangan produk sagu kasbi dengan aneka rasa pandan, kenari dan gula merah 2) Menciptakan atribut produk yang menarik 3) Melakukan promosi 4) Membina kerjasama dengan KUD 5) Menciptakan merek produk sagu kasbi yang berbeda dengan pesaing 6) Melakukan pengembangan pasar.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

AGRIKAN

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Bidang kajian dimuat meliputi agribisnis, teknologi budidaya, sumberdaya perikanan, kelautan, sosial ekonomi kelautan dan perikanan, bioteknologi perikanan. Sejak tahun 2017 mulai diterbitkan secara elektronik kerjasama Pusat Studi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna ...