Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 5, No 1: Semester Ganjil 2016/2017

INISIATIF DAN INTENSITAS KOMUNIKASI CSR ONLINE: STUDI KASUS PADA PT. ANEKA TAMBANG TBK.

Raudloh Al Madaniyah (Unknown)
Achmad Zaky (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami inisiatif dan intensitas komunikasi CSR online pada web 1.0 dan web 2.0 PT. Aneka Tambang Tbk. Peneleitian ini juga menelaah strategi komunikasi CSR online apa yang digunakan pada web 1.0 dan web 2.0 perusahaan. Riset ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan single case study dan menerapkan analisis konten dalam mengolah data penelitian. Dalam penelitian ini dipahami bahwa PT. Aneka Tambang Tbk. telah melaksanakan inisiatif dan intensitas komunikasi CSR online pada web 1.0 dan web 2.0 dengan baik. Inisiatif CSR yang dikomunikasikan telah mencapai level 4 dimana ANTAM telah mencerminkan aktivitas/program investasi sosial dan memperkuat infrastruktur komunitas. Selanjutnya, dalam penelitian juga diidentifikasi bahwa strategi komunikasi CSR online ANTAM yaitu, pada Web 1.0 “very detailed information” dan pada Web 2.0 menggunakan “broadcast strategy”. Hasil secara keseluruhan menunjukkan bahwa komunikasi CSR yang diimplementasikan telah memberikan pengetahuan yang cukup untuk para stakeholder yang mana sejalan dengan Teori Stakeholder dan Legitimasi.Kata Kunci: Inistiatif CSR, Intensitas komunikasi, Level CSR

Copyrights © 2016