Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Vol 5, No 2: Semester Genap 2016/2017

Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Minat Pembelian Aplikasi Music Streaming JOOX

Ilham Akbar (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2017

Abstract

Di era globalisasi sekarang ini, ternyata tidak hanya saja perkembangan teknologi menjadi canggih akan tetapi juga pola hidup manusia sekarang ini menjadi modern dan serba mudah. Begitu pula dengan cara masyarakat menikmati musik. Saat ini, semakin banyak bermunculan aplikasi hiburan yang salah satunya adalah aplikasi Music Streaming JOOX yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Brand Image kuat yang dimiliki oleh JOOX membuatnya mudah diingat oleh masyarakat Indonesia. Sebagian besar pengguna merasa bahwa brand image kuat yang tersebar lewat electronic word of mouth menjadi salah satu alasan masyarakat menggunakan aplikasi music streaming khususnya JOOX.Kemajuan teknologi internet menjadikan penyebaran word of mouth tidak hanya terbatas pada komunikasi tatap muka, namun sudah dalam bentuk digital. Electronic word of mouth dapat mempengaruhi perilaku konsumen salah satunya adalah minat beli konsumen terhadap produk. Minat beli muncul ketika pengguna internet membaca komentar positif dan menarik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh electronic word of mouth dan brand image terhadap minat pembelian fitur VIP JOOX. Penelitian ini adalah penelitian berjenis explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survey yang dilakukan kepada 100 orang yang masih atau pernah menggunakan JOOX dengan pemakaian minimal 3 bulan. Pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan dengan mengguanakan alat analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis F, variabel pengaruh electronic word of mouth dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian. Hasil uji t juga menunjukkan bahwa pengaruh electronic word of mouth dan brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian dengan variabel yang paling dominan mempengaruhi minat pembelian ialah variabel brand image.Kata Kunci : Electronic Word Of Mouth, Brand Image, Minat Pembelian, Music Streaming, JOOX

Copyrights © 2016