Volume 4 no 2, September 2016
Vol 4 No 2 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH

SARI, LILIANA PUSPA (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar lompat jauh. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang merupakan Mahasiswa Semester I tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan rancangan penelitian treatment by level 2 x 2. Data dianalisis menggunakan analisis varians (ANAVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara umum, terdapat perbedaan yang antara model pembelajaran kooperatif dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar lompat jauh (Fo 4,61 > 4,11 Ft), dan model pembelajaran kooperatif memberikan hasil belajar lompat jauh yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar lompat jauh (Fo 26,08 > 4,11 Ft), (3) pada siswa dengan kreativitas tinggi, model pembelajaran kooperatif memberikan hasil belajar lompat jauh yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung (Qo 10,75 > 4,33 Qt), dan (4) pada siswa dengan kreativitas rendah, model pembelajaran langsung memberikan hasil belajar lompat jauh yang lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif (Qo 4,39 > 4,33 Qt),

Copyrights © 2016