Volume 4 no 2, September 2016
Vol 4 No 2 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR TOLAK PELURU DENGAN PERMAINAN BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

WINATA, DEVI CATUR (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2017

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar tolak peluru dengan permainan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang: pengembangan dan penerapan model pembelajaran dengan permainan bagi anak kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui efektivitas, efisiensi dan daya tarik hasil pengembangan pembelajaran gerak dasar tolak peluru dengan permainan bagi anak kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan pendekatan kualitatif serta menggunakan metode Penelitian  pengembangan Research & Development (R & D). Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas V SD Swasta Binaguna Medan yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta instrumen psikomotorik tolak peluru yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) ujioba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes psikomotorik tolak peluru, sedangkan untuk melihat hasil efektifitas model digunakan uji statistik dengan menggunakan rumus uji-t berkorelasi dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil perhitungan uji t didapatkan t-hitung 20,75 sedangkan t-tabel 1,86, hal ini berarti Ha diterima sehingga model pembelajaran gerak dasar tolak peluru lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran gerak dasar tolak peluru dengan permainan,  siswa dapat belajar secara efektif dan efisien.(2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti kembangkan, siswa lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2016