Volume 4 no 1, Maret 2016
Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

RAMADHAN, IKHSAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2017

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan model-model pembelajaran yang terbaru dari yang sudah ada sehingga siswa lebih menarik untuk mengikuti proses belajar mengajar, dengan ini judul penelitian ini adalah model pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa kelas V Sekolah Dasar Selain itu penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan model pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Pengembangan Model. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD.             Penelitian ini dilakukan dengan 7 langkah, langkah pertama yaitu menentukan sebuah ide-ide yang akan dikembangkan, kedua pembuatan model pembelajaran dengan bentuk rancangan model permainan, ketiga merevisi produk I yang dilakukan oleh ahli (penjas, pelatih/ahli permainan bola besar), keempat produksi prototype dilakukan dengan memperaktekkan item model dilapangan, kelima uji coba prototype, pengujian terhadap subyek lapangan baik dalam uji coba tahap I maupun tahap II lalu direvisi kembali oleh ahli guna menghasilkan produk sempurna, dan terakhir yang ketujuh ialah penyempurnaan produk untuk menuju produk akhir yang diharapkan pengembangan. Dari tahapan-tahapan tersebut maka didapatkan hasil dari penelitian tersebut dengan analisis evaluasi tahap pertama dengan 30 produk dihasilkan total skor responden 85 dengan jumlah total keseluruhan nilai responden dapat dipersentasekan 8,5%, dan berdasarkan analisis evaluasi tahap II dengan menggunakan produk final berjumlah 26 maka dihasilkan total skor responden 116 dan jumlah total keseluruhan nilai rata-rata 11,6% sehingga memenuhi keriteria Valid.             Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa Sekolah Dasar sangat dibutuhkan oleh para guru pendidikan jasmani serta mampu meningkatkan belajar secara efektif dan efisien. (2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti kembangkan, siswa lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

Copyrights © 2016