cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Volume 4 no 1, Maret 2016
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIIBLING PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP SHALEH, MUHAMMAD
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar dribbling permainan sepak bola melalui variasi pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual pada siswa kelas VIII5 SMP N 2 Merbau tahun ajaran 2015/2016. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2016. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 dengan julah siswa 36 orang yang terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa Variasi pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual  terhadap hasil belajar dribbling. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik dribbling bola masih rendah. Dari 36 orang siswa terdapat 22 orang (61,2%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang (38,9%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 71,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 36 orang siswa terdapat 31 orang (86,2%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang (13,8%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,0, sehingga terdapat kenaikan 25% hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hal itu maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui variasi Pembelajaran dengan Menggunakan Media Audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola pada siswa kelas VIII SMPN 2 Merbau Tahun Ajaran 2015/2016. KATA KUNCI : Hasil belajar dribbling, Media AudioVisual dan Variasi Pembelajaran
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KEKUATAN OTOT LENGAN TERHADAP HASIL BELAJAR TOLAK PELURU HELMI, BOBY
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari gaya mengajar komando dan resiprokal dan kekuatan otot lengan terhadap hasil belajar tolak peluru. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 2 Kuala Langkat, penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2. Sampel terdiri dari 44 siswa dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing terdiri dari 11 pesilat. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANOVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = .05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) 1.          Terdapat perbedaan hasil belajar tolak peluru antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar komando. (2) Hasil Belajar tolak peluru siswa dengan kekuatan otot lengan tinggi yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal tidak lebih baik daripada gaya mengajar komando. (3) Hasil Belajar tolak peluru siswa dengan kekuatan otot lengan rendah yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar komando lebih baik dari pada gaya mengajar resiprokal. (4 Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran dan Kekuatan otot lengan terhadap Kemampuan Tolak peluru.
PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BACKHAND GROUNDSTROKES TENNIS “STUDI EKSPERIMEN DI STOK BINAGUNA MEDAN” (2016) NURABADI, ANDI
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar backhandgroundstrokes dalam permainan Tennis. Di samping itu, penelitian juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kedua gaya mengajar tersebut. Gaya mengajar dalam penelitian ini adalah gaya mengajar Inklusi dan gaya mengajar Periksa Diri, dan motivasi belajar yaitu motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. Penelitian dilaksanakan di STOK Binaguna Medan tahun akademik 2015/2016 (Semester 6). Metode penelitian adalah eksperimen dengan rancangan treatment by level 2x2 dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) secara keseluruhan terdapat perbedaan antara gaya mengajar Inklusil dan gaya mengajar Periksa Diri terhadap hasil belajar backhand groundstrokes; (2) bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, pemberian gaya mengajar Inklusi memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan  gaya mengajar Periksa Diri terhadap hasil belajar backhand groundstrokes; (3) bagi mahasiswa yang memiliki motivasi belajar rendah, pemberian gaya mengajar Periksa Diri memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan gaya mengajar Inklusi terhadap hasil belajar backhand groundstrokes; dan (4) terdapat interaksi antara  gaya mengajar dengan motivasi belajar terhadap hasil  belajar backhand groundstrokes.
MODEL TES KETERAMPILAN UNTUK PENELUSURAN BAKAT CALON ATLET SEPAK BOLA K.U 10 SAMPAI 11 TAHUN LUBIS, ADE EVRIANSYAH
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model tes keterampilan dasar untuk penelusuran bakat calon atlet sepakbola KU 10-11 tahun yang sahih dan handal. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi beberapa langkah penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall (2007, p.590) sebagai berikut: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan proses penelitian dan pengembangan, (3) validasi produk, (4) uji coba produk, (5) revisi produk, (6) implementasi produk. Uji coba skala kecil dilakukan pada 30 testi, dan uji coba skala besar dilakukan pada 416 testi dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik analisis data validitas menggunakan Pearson’s Product Moment correlations dan reliabilitas menggunakan test-retest Cronbach’s Alpha. Z score digunakan untuk menyamakan bentuk satuan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa model tes keterampilan dasar untuk penelusuran bakat calon atlet sepakbola KU 10-11 tahun. Model tes layak digunakan karena dinyatakan valid dan reliabel, dengan nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel. Model tes keterampilan dasar untuk penelusuran bakat calon atlet sepakbola KU 10-11 tahun juga menghasilkan skala penilaian (norma) yang dikemas dalam buku pedoman (modul) dan visualisasi/tutorial tes (CD) yang efektif dan efisien dan dapat digunakan sebagai pegangan para pelatih pada pusat pembinaan sepakbola usia dini dalam proses penelusuran calon atlet dengan berbagai tingkat keberbakatan. 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR ADITYA, RINALDI
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara umum tujuan penelitian action research ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada permainan sepakbola melalui pendekatan bermain untuk pendidikan jasmani. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang, penerapan pola pendekatan bermain untuk siswa kelas VI sekolah dasar dan mengetahui efektifitas, efesiensi dan peningkatan hasil belajar menggiring bola pada permainan sepakbola untuk pendidikan jasmani bagi siswa kelas 6 sekolah  dasar. Penelitian action research ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri janji, Sumatera Utara.             Untuk mengiji keefektifitasan pola pendekatan bermain dapat dilihat dari data psikomotorik dan hasil tes menggiring bola pada permainan sepakbola. Pada hasil tes pembelajaran sebelumnya (pre tes) diperoleh 30% dari kriteria yang diharapkan. Sedangkan tingkat keefektifitasan pada siklus I melalui pendekatan bermain diperoleh 70% dari kriteria yang diharakan. Kemudian dilanjutkan melalui pola pendekatan bermain pada permainan sepakbola, tingkat keefektifitasan pada siklus II diperoleh 86% dari kriteria yang diharapkan, artinya mengalami peningkatan sebesar 66%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) dengan pola pendekatan bermain untuk pendidikan jasmani, siswa dapat belajar dengan lebih efektif dan efesien, dan meningkatkann hasil belajar menggiring bola. (2) dengan pola pendekatan bermain, siswa lebih termotifasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual ) PADA ANAK SD KELAS IV (SDISLAM AZIZI MEDAN) DEWI, RATNA
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan materi pembelajaran lari cepat melalui pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual )   pada anak Kelas IV SD Islam Azizi Medan pada tahun 2016. Yang di harapkan dapat meningkatkan pembelajaran lari cepat pada siswa SD khususnya kelas IV SD, dan menjadi bahan ajar kepada guru untuk mengembangkan model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual ).             Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D) penelitian ini di lakukan di SD Islam Azizi Medan  dengan jumlah subjek penelitian 26 siswa  yang berada di kleas IV di SD Islam Azizi Medan.             Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan pembelajaran lari cepat melalui pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) pada siswa kelas IV SD Islam Azizi Medan, dengan harapan agar guru olahraga tersebut dapat memberikan pembelajaran dan menambah perbendaharaan model pembelajaran untuk siswa SD khususnya SD kelas IV sehingga para guru tidak hanya menggunakan sistem pembelajaran dengan satu metode.  
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA DENGAN PENERAPAN VARIASI MENGAJAR PADA SISWA/I KELAS VIII SMP KARTIKA 1 – 2 MEDAN MATONDANG, MAHMUDDIN
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa penerapan variasi belajar yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian sebanyak 27 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis pada penilaian proses maka diperoleh hasil analisisnya : Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 27 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 10 orang siswa (40,74%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 17 orang siswa (59,26%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 75,00. Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 27 orang siswa, terdapat 25 orang siswa yang tuntas (92,59%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 2 orang siswa (7,41%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 83,95. Penilaian hasil teknik menggiring bola yang dilakukan dengan menggiring bola dengan mengelilingi cone. Pada sirklus I rata – rata kelas VIII mampu menggiring bola mengelilingi cone selama 23,86 detik dimana termasuk dalam kategori cukup. Pada sirklus II rata – rata kelas VIII mampu menggiring bola mengelilingi cone selama 21,38 detik dimana termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan variasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP) WINATA, DEVI CATUR
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian ini untuk meningkatan hasil belajar lari sprint dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan menggunakan penerapan Pendekatan bermain bagi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kisaran. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian  tindakan (Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 kota Kisaran. Penelitian ini dilakukan dengan enam kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan, siklus pertama yang direalisasikan melalui tindakan sesuai rencana dan Pendekatan pembelajaran, hasilnya nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran sprint 70 atau 60% siswa tuntas, dan 40% siswa yang tidak tuntas. Pada siklus ke dua yang direalisasikan melalui tindakan hasil refleksi dari siklus 1, hasilnya rata-rata 80 atau 88% siswa tuntas dan 12,5% siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:(1) Dengan  Pendekatan bermain hasil belajar lari sprint meningkat, (2) Dengan penerapan Pendekatan bermain yang diterapkan melalui permainan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar lari sprint.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR RAMADHAN, IKHSAN
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan model-model pembelajaran yang terbaru dari yang sudah ada sehingga siswa lebih menarik untuk mengikuti proses belajar mengajar, dengan ini judul penelitian ini adalah model pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa kelas V Sekolah Dasar Selain itu penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi secara mendalam tentang pengembangan model pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Pengembangan Model. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD.             Penelitian ini dilakukan dengan 7 langkah, langkah pertama yaitu menentukan sebuah ide-ide yang akan dikembangkan, kedua pembuatan model pembelajaran dengan bentuk rancangan model permainan, ketiga merevisi produk I yang dilakukan oleh ahli (penjas, pelatih/ahli permainan bola besar), keempat produksi prototype dilakukan dengan memperaktekkan item model dilapangan, kelima uji coba prototype, pengujian terhadap subyek lapangan baik dalam uji coba tahap I maupun tahap II lalu direvisi kembali oleh ahli guna menghasilkan produk sempurna, dan terakhir yang ketujuh ialah penyempurnaan produk untuk menuju produk akhir yang diharapkan pengembangan. Dari tahapan-tahapan tersebut maka didapatkan hasil dari penelitian tersebut dengan analisis evaluasi tahap pertama dengan 30 produk dihasilkan total skor responden 85 dengan jumlah total keseluruhan nilai responden dapat dipersentasekan 8,5%, dan berdasarkan analisis evaluasi tahap II dengan menggunakan produk final berjumlah 26 maka dihasilkan total skor responden 116 dan jumlah total keseluruhan nilai rata-rata 11,6% sehingga memenuhi keriteria Valid.             Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Model pembelajaran gerak dasar manipulatif pada siswa Sekolah Dasar sangat dibutuhkan oleh para guru pendidikan jasmani serta mampu meningkatkan belajar secara efektif dan efisien. (2) Dengan model pembelajaran yang telah peneliti kembangkan, siswa lebih termotivasi serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LARI CEPAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR MUNAWAR, AHMAD AL
Volume 4 no 1, Maret 2016 Vol 4 No 1 (2016): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran lari cepat pada siswa sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan pendekatan model Penelitian dan Pengembangan (R & D) dari Brog dan Gall. Subjek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah 35 siswa kelas 5 SD Swasta Binaguna Medan. Untuk menguji kefektivitasan pengembangan model pembelajaran lari ini dapat dilihat dari data psikomotorik. Tingkat keefektifitasan model pembelajaran lama sebesar 66% dari kriteria yang diharapkan. Sedangkan tingkat keefektifitasan model pembelajaran baru sebesar 76% dari kriteria yang diharapkan, artinya mengalami peningkatan 10%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran lari cepat melalui permainan dapat meningkatkan gerak multilateral pada siswa, (2) model pembelajaran ini lebih efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar pendidikan jasmani.

Page 1 of 2 | Total Record : 12