Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Vol 1, No 3 (2016)

KEARIFAN LOKAL DALAM MELESTARIKAN BUDAYA KABHANTI MODERO SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMBANGUNAN (STUDI PADA MASYARAKAT MUNA DI DESA SAWERIGADI KECAMATAN BARANGKA KABUPATEN MUNA BARAT)

Rina Rina (Halu Oleo University)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2016

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelestarian kearifan lokal budaya kabhanti modero sebagai media komunikasi pembangunan dalam masyarakat Muna Di Desa Sawerigadi Kecamatan Barangka Kabupaten Muna Barat? (2) Bagaimana bentuk pewarisan kearifan lokal budaya kabhanti modero sebagai media komunikasi pembangunan. Dalam penelitian ini digunakan perspektif komunikasi ritual. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, teknik penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling (secara sengaja). Dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelestarian budaya kabhanti modero sebagai media komunikasi pembangunan yang dilaksanakan merupakan media pengenalan dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mewujudkan suatu pembangunan yang ada di dalam suatu wilayah sehingga membuka peluang bagi pertumbuhan dan perkembangan warisan budaya termasuk budaya kabhanti modero yang semakin terhimpit dengan produk-produk budaya global. Modero merupakan pernyataan perasaan dan pendapat seseorang, disampaikan secara santun sehingga mudah dihayati dan dipahami. Segala aturan yang bersumber dari nilai-nilai tradisional mampu menjadi perekat dalam membangun ikatan sosial masyarakat. Kata Kunci: Pewarisan, kearifan lokal, budaya, kabhanti, modero. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKASI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu ...