Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 34, No 1 (2016): MEI

PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei pada konsumen Legipait Coffeeshop Malang)

Finta Cahya Putri (Unknown)
Srikandi Kumadji (Unknown)
. Sunarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2016

Abstract

This research aims to: investigate the influence of word of mouth on purchase intention,investigate the influence word of mouth on purchase decision, andinvestigate the influence purchase intention on purchasing decision. The research method used explanatory research with quantitative approach. Total sample is 122 respondent who purchased at Legiapit Coffeeshop Malang. The sampling technique used accidental sampling with questionnaires as the instrument for collecting data. Analysis of the data in this research used descriptive analysis and path analysis. This result of this research shows that:word of mouth has significant influence on purchase intention with path coeffisient (β) is 0,664; word of mouth has significant on purchasing decision with path coefficient (β) is 0,259;purchase intention has significant influence on purchase decision with path coefficient (β) is 0.532. Based on these results it is suggested the Legipait Coffeshop Malang can maintain and increase marketing activities through word of mouth , since the Word of Mouth variable  has a significant influence on Purchase Intention and Purchase Decision , which is to improve services and the quality and maintaining thecozy and hommy concept of cafe so the purchase decision will go up ultimately have an impact on corporate profits. Keyword: Word of Mouth, Purchase Intention, Purchase Decision ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli, pengaruh Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, pengaruh Minat Beli terhadap Keputusan Pembelian. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 122 orang responden yang merupakan konsumen Legipait CoffeeshopMalang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebar angket penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini diketahui bahwa: variabel word of mouth berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli dengan koefisien jalur beta sebesar 0,664; variabel word of mouth berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur beta sebesar 0,259; variabel minat beli berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur beta sebesar 0,532. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan pihak Legipait Coffeshop Malang dapat mempertahankan serta meningkatkan kegiatan pemasaran melalui Word of Mouth, karena variabel Word of Mouthmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian,diantaranya yaitu dengan meningkatkan pelayanan dan kualitas serta mempertahankan konsep Kafe yang nyaman dan Hommysehingga Keputusan Pembelian akan meningkat yang akhirnya akan berdampak pada profit perusahaan. Kata Kunci: Word of Mouth, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2016